SILABUS Mata Kuliah PAI Multikultural

 

SILABUS

MATA KULIAH PAI MULTIKULTURAL

 

MATA KULIAH       : Pendidikan Agama Islam Multikultural

PROGRAM STUDI : Pendidikan Agama Islam (PAI)

SKS                        : 2 (Dua)

SEMESTER           : I (Satu)

Dosen                   :  Dr. Hj. Khairiah, M.Pd

 

Deskripsi

Mata kuliah PAI Multikultural dirancang untuk memberikan pengetahuan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Program pascasarjana IAIN Bengkulu tentang PAI Multikultural melalui; mahasiswa mampu untuk menganalisis teori-teori dasar pendidikan Islam Multikultural, memahami dan menganalisis problematikan yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan berlatih untuk memberikan alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan- permasalahan tersebut berdasarkan teori-teori yang telah dipelajari, dengan tujuan Pertama (dan terutama), membantu individu memahami diri sendiri secara mendalam dengan mengaca diri dari kaca mata budaya lain. Kedua, membekali mahasiswa dengan pengetahuan mengenai etnis dan budaya-budaya lain, budayanya sendiri dalam budaya “mayoritas,” dan lintas budaya. Ketiga, mengurangi derita dan diskriminasi ras, warna kulit, dan budaya.

Tujuan mata kuliah PAI Multikultural:

 

Pada akhir kuliah, mahasiswa dapat:

1.    Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kebudayaan yang menjadi dasar keberadaan Pendidikan Multikultural. Bahan Ajar (Materi Pembelajaran): 1 Hakikat Kebudayaan 2 Budaya dan Lingkungan 3 Pranata Kebudayaan 4 Hakikat Pendidikan Multikultural 5 Dasar, Tujuan, dan Fungsi Pendidikan Multikultural;

2.    Mahasiswa mampu menjelaskan teori Dasar Multikulturalisme dari aspek pengertian, sejarah dan Gagasan-gagasannya. Bahan Ajar: 1 Pengertian Multikulturalisme 2 Sejarah Multikulturalisme 3 Gagasan Dasar dan Pemikiran Multikulturalisme;

3.     Mahasiswa mampu menjelaskan dan menghubungkan konsep dan gagasan multikuluturalisme di Indonesia dan di Dunia Islam. Bahan Ajar: (1) Multikulturalisme di Indonesia; (2) Multikulturalisme dalam Islam

4.     Mahasiswa mampu menjelaskakn dan menghubungkan teori dan pendekatan yang digunakan dalam pendidikan  multikulutural. Bahan Ajar: 1 teori pendidikan multikultural; 2 pendekatan pendidikan Multikultural

5.     Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Kesetaraan dan keadilan multicultural dalam Pendidikan Islam. Bahan Ajar: 1 Kesetaraan Manusia sebagai Makhluk Multikultural dalam Pendidikan Islam 2 Keadilan Multikultural dalam Pendidikan Islam

6.    Mahasiswa mampu menjelaskan makna dan implikasi Pendidikan Multikultural dan memilih bentuk pengembangan yang sesuai dengan kondisi di Indonesia. Bahan Ajar: (1) Makna dan Implikasi Pendidikan Multikultural; (2) Sejarah Pendidikan Multikultural; (3) Karakteristik Problematika Pendidikan Multikultural di Indonesia; (4) Bentuk Pengembangan Pendidikan Multikultural di Indonesia.

7.     Mahasiswa mampu menjelaskan model pendidikan Islam multicultural dan peranan guru dalam pendidikan Islam multikultural. Bahan Ajar: (1) Pendidikan Islam Multikultural dan Integrasi Bangsa; (2) Model Pendidikan Islam Multikultural; (3) Peran Guru dalam pendidikan Islam multikultural

8.    Mahasiswa mampu memahami peran penting Madrasah dalam pengembangan Pendidikan Multikultural. Bahan Ajar: (1) Peranan Madrasah (MI, MTs, MA/MAK); (2) Peran Madrasah sebagai Lembaga Pengembangan Budaya; (3) Multikultural sebagai Landasan Pembelajaran; (4) Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Islam Multikultural

9.     Mahasiswa mampu memahami peran penting sekolah dalam pengembangan Pendidikan Multikultural. Bahan Ajar: Bahan Ajar: (1) Peranan sekolah (SD, SMP, SMA/SMK) (2) Peran sekolah sebagai Lembaga Pengembangan Budaya; (3) Multikultural sebagai Landasan Pembelajaran; (4) Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Islam Multikultural.

10. Mahasiswa mampu memahami peran penting pondok pesantren dalam pengembangan Pendidikan Multikultural. Dan mampu menawarkan alternatif solusi terhadap berbagai permasalahan yang terkait dengan pelaksanaan Pendidikan Multikultural pada Pondok Pesantren sebagai Sistem Sosial di Indonesia. Bahan ajar (1) Peranan pondok pesantren (MDA, MDW, MDU) (2) Peran sekolah sebagai Lembaga Pengembangan Budaya; (3) Multikultural sebagai Landasan Pembelajaran; (4) Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Islam Multikultural.

11. Mahasiswa mampu menjelaskan Urgensi Pendidikan Islam Multikultural di Indonesia. Bahan Ajar: Urgensi Pendidikan Islam Multikultural di Indonesia

12. Mahasiswa mampu menjelaskan Dimensi-dimensi yang terkandung dalam Pendidikan Islam Multikultural. Bahan Ajar: Dimensi-dimensi yang terkandung dalam Pendidikan Islam Multikultural

13. Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu global pendidikan Islam. Bahan Ajar: (1) Isu-Isu Akulturasi; (2) Isu-Isu Globalisasi

14. Mahasiswa mampu menjelaskan relevansi Pendidikan Islam Multikultural dan Pendidikan Karakter dalam dimensi Budaya Bangsa Indonesia. Bahan ajar (1) Pengertian PAI Multikultural (2) Pengertian Pendidikan karakter (3) Relevansi PAI Multikultural dengan Pendidikan Karakter budaya bangsa.

 

 

Desain Kurikulum

PAI Multikultural ditentukan 2 sks, dengan ketentuan menyelesaikan berbagai tugas, yang meliputi: membaca berbagai refrensi, membuat laporan dan refleksi bacaan, analisis konsep, pengembangan rencana yang terkait dengan implementasinya, dan penyusunan makalah diskusi dan interaksi dalam kuliah. Untuk pengukuran hasil perkuliahan dilakukan UTS dan UAS.

Pertemuan

Matakuliah PAI Multikultural dirancang 16 minggu terdiri dari 14 pertemuan materi, 1 kali pertemuan untuk UTS dan 1 kali pertemuan untuk UAS.

Persyaratan Perkuliahan:

1.    Mahasiswa menyiapkan makalah yang membahas topik diskusi dengan indikator yang ditentukan.

2.    Mahasiswa diberi kebebasan untuk mengembangkan domain instruksional dalam kawasan pendidikan

3.    Mahasiswa menyajikan makalah atau MS PowerPoint, dan menjelaskan materi secara lisan kepada mahasiswa lainnya

4.    Mahasiswa aktif mengikuti diskusi

5.    Mahasiswa menyelesaikan semua tugas termasuk ujian.

Petunjuk Tugas Kelompok dan Tugas Mandiri

1.    Buatlah makalah kelompok untuk disajikan secara daring, dengan menentukan salah satu topik dalam materi pokok seperti terdapat pada Program Perkuliahan di atas.

2.    Penyerahan makalah kelompok yang akan dipresentasikan secara daring dalam bentuk makalah atau print out disertai dengan softcopy dalam CD-RW, dengan sistematika sebagai berikut:

BAB   I PENDAHULUAN  (berisi: Latar Belakang; Tujuan Penulisan Makalah; Sistematika makalah);

BAB II PEMBAHASAN    (berisi: sub-pokok bahasan seperti tertuang pada kolom 4 di atas)

BAB III TANGGAPAN        (berisi: hasil tanggapan kelompok tentang materi yang dibahas secara cermat);

BAB IV SIMPULAN            (beri simpulan secara singkat dan cukup satu paragrap);

DAFTAR RUJUKAN            (Cantumkan rujukan lebih dari dua sumber baik dalam bentuk buku teks, jurnal ilmiah, makalah ilmiah, Artikel yang diakses dari Internet, dan sumber ilmiah lainnya).

Contoh;

Khairiah, K. (2020). MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Bengkulu: CV. Zigie Utama.

 

3.    Tugas kelompok (I s.d. VII) dijilid Hard Cover warna Abu-abu menjadi satu oleh ketua angkatan dan diserahkan kepada dosen pengampu matakuliah paling lambat pada pertemuan ketiga.

4.    Tugas mandiri berupa penyusunan salah satu program evaluasi kelembagaan pendidikan Islam yang berhubungan dengan lima bidang (Thema yang termuat pada kontrak kuliah.

Evaluasi Hasil Kuliah:

Kriteria:

1.    Kriteria evaluasi tugas individu dan kelompok dinilai dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis, dan evaluasi serta presentasi hasil kajian setiap tatap muka.

2.    Penelusuran sumber, kesimpulan, dan komentar tanggapan atas sumber yang ditelusuri

3.    Presentasi kelompok ditinjau dari: makalah atau power point, teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan, dan menyimpulkan.

Hasil Evaluasi:

Hasil evaluasi merupakan kumulatif dari jumlah nilai kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 25 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 30 %.

 

Daftar Bacaan

Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Bandung:

Bailey, Becky. ( 2001). Conscious Discipline. Oviedo, FL : Loving Guidance

Blandford, S. (2000). Managing Professional  Development  in Schools. London: Routledge.

Cunningham, W.G. 1982. Systematic Planning for Educational Change. Mountain View: USA Mayfield Publishing Company.

Diaz-Maggioli, Gabriel. (2004). Teacher Centered Professional Development. Alexandria, VA : Association for Supervision and Curriculum Development.

Dunn, K. & Dunn, R. (Eds.). (1998). Practical Approaches to Individualizing Staff Development for Adults. Westport, CT: Praeger Publishers.

Garobo, R. C., & Rothstein, S. W. (1998). Supportive Supervision in Schools. Westport, CT: Greenwood Press.

Glickman, Carl D. (2002). Leadership for Learning: How to Help Teachers Succeed. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Goetsch, D.L & Davis, S.B. 1997. Intruduction to Total Quality (Quality Management for Production, Processing, and Service). Upper Saddle River, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Guskey, T.A. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Khairiah, K. (2020). MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Bengkulu: CV. Zigie Utama.

Komentar

  1. Nama : Hidayaturrohman
    Kelas : 3E
    NIM : 1911540077

    BalasHapus
  2. Nama : Muhamad Salim
    Kls. : E
    NIM. : 1911540083

    BalasHapus
  3. Nama : metalia lestari
    Kelas : 3 E
    Nim : 1911540078

    BalasHapus
  4. Nama:ilza juliarti
    Kelas: 3E
    Nim :1911540085

    BalasHapus
  5. Nama: Henny dwiyanti
    Kelas: 2B
    Nim :2011240039

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. NAMA : Ikhwan Fadillah
    NIM : 1911210177
    Semester : 4 F
    Prodi : PAI
    Mata kuliah : Kepemimpinan Dalam Pendidikan
    Dosen Pengampuh : Dr. HJ. Khairiyah, M.Pd.

    BalasHapus
  8. Nama : Rike Appri Yanti
    Nim : 1911210119
    Kelas : 4F
    Prodi : PAI
    Matkul : Kepemimpinan Dalam Pendidikan
    Dosen : Dr.Hj. Khairiyah, M.Pd

    BalasHapus
  9. NAMA : DINA AGUSTINA
    NIM : 1911210166
    SEMESTER : 4F
    PRODI : PAI
    MATA KULIAH : KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN
    DOSEN PENGAMPU : Dr.Hj.Khairiyah,M.Pd.

    BalasHapus
  10. Nama: Fekri Antoni
    Nim: 1911210108
    Prodi: PAI
    Kelas: 4. F
    Mata Kuliah: Kepemimpinan Dalam Pendidikan
    Dosen Pengampu: Dr. Hj. Khairiyah, M.Pd.

    BalasHapus
  11. Nama : Setra Rahayu Maningsih
    Nim : 1911210100
    Kelas : 4F
    prodi : Pai
    Mata k: Kepemimpinan Dalam Pendidikan
    Dosen : Dr. Hj. Khairiyah, M.Pd.

    BalasHapus
  12. Nama :Nopita sari
    Nim. :1911210137
    Semester : 4
    Prodi :Pai
    Makul: Kepemimpinan dalam pendidikan
    Dosen pengampu :Dr.Hj.Khairiyah,M.Pd

    BalasHapus
  13. Nama :Serly apriani
    Nim:1911210105
    Kelas: 4 f
    Prodi: Pendidikan Agama islam
    Mata Kuliah :Kepemimpinan dalam pendidikan
    Dosen Pengampu :Dr. Hj. Khairiyah, M. Pd.

    BalasHapus
  14. Nama : Ika Putri Aristin
    Nim : 1911210169
    Kelas : 4 F
    Prodi : pendidikan agama Islam
    Mata k : kepemimpinan dalam pendidikan
    Dosen : Dr. Hj. Khairiyah, M.pd

    BalasHapus
  15. Nama:Fitri Adeanti Riski
    Nim:1911210073
    Kelas:4 F
    Prodi:pendidikan agama Islam
    Mata kuliah:kepemimpinan dalam pendidikan
    Dosen pengampu:Dr. HJ. Khairiyah, M.Pd

    BalasHapus
  16. Nama : Ma'ruf Muclissun
    Nim : 1911210164
    Kelas : 4F
    prodi : Pai
    Mata k: Kepemimpinan Dalam Pendidikan
    Dosen : Dr. Hj. Khairiyah, M.Pd.

    BalasHapus
  17. Nama: Reno supriyandi
    Nim: 1911210165
    Semester: 4F
    Prodi: PAI
    Mata Kuliah : KEPEMIMPINANAN dlm pendidikan
    Nama Pengampu : DR. Hj. Khairiyah, MP.d

    BalasHapus
  18. Nama : M.Farhan mufid
    Nim : 1911210110
    Kelas : Pai 4 F
    Prodi : Pendidikan agama Islam
    Mata kuliah : Kepemimpinan dalam pendidikan
    Dosen : Dr. Hj. Khairiyah. M. Pd

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAHAN AJAR MATA KULIAH DASAR-DASAR PENDIDIKAN

Contoh Pembelajaran Berbasis Riset Mata Kuliah Evaluasi Kelembagaan An. Ahmad Isna Muhdi

BAHAN AJAR MATA KULIAH: ILMU PENDIDIKAN ISLAM