SILABUS Mata Kuliah PAI Multikultural
SILABUS
MATA KULIAH PAI MULTIKULTURAL
MATA
KULIAH : Pendidikan Agama Islam
Multikultural
PROGRAM
STUDI : Pendidikan Agama Islam (PAI)
SKS :
2 (Dua)
SEMESTER :
I (Satu)
Dosen :
Dr. Hj. Khairiah, M.Pd
Deskripsi
Mata kuliah PAI Multikultural dirancang untuk
memberikan pengetahuan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Program pascasarjana
IAIN Bengkulu tentang PAI Multikultural melalui; mahasiswa mampu untuk
menganalisis teori-teori dasar pendidikan Islam Multikultural, memahami dan
menganalisis problematikan yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan
multikultural di Indonesia dan berlatih untuk memberikan alternatif solusi
untuk mengatasi permasalahan- permasalahan tersebut berdasarkan teori-teori
yang telah dipelajari, dengan tujuan Pertama (dan terutama), membantu individu memahami
diri sendiri secara mendalam dengan mengaca diri dari kaca mata budaya lain.
Kedua, membekali mahasiswa dengan pengetahuan mengenai etnis dan budaya-budaya
lain, budayanya sendiri dalam budaya “mayoritas,” dan lintas budaya. Ketiga,
mengurangi derita dan diskriminasi ras, warna kulit, dan budaya.
Tujuan
mata kuliah PAI Multikultural:
Pada
akhir kuliah, mahasiswa dapat:
1.
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kebudayaan yang menjadi dasar
keberadaan Pendidikan Multikultural. Bahan Ajar (Materi Pembelajaran): 1 Hakikat Kebudayaan 2 Budaya
dan Lingkungan 3 Pranata Kebudayaan 4 Hakikat Pendidikan Multikultural 5 Dasar,
Tujuan, dan Fungsi Pendidikan Multikultural;
2. Mahasiswa mampu menjelaskan teori Dasar
Multikulturalisme dari aspek pengertian, sejarah dan Gagasan-gagasannya. Bahan Ajar: 1 Pengertian Multikulturalisme 2
Sejarah Multikulturalisme 3 Gagasan Dasar dan Pemikiran Multikulturalisme;
3.
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menghubungkan konsep dan gagasan
multikuluturalisme di Indonesia dan di Dunia Islam. Bahan Ajar: (1) Multikulturalisme di
Indonesia; (2) Multikulturalisme dalam Islam
4.
Mahasiswa mampu menjelaskakn dan menghubungkan teori dan
pendekatan yang digunakan dalam pendidikan multikulutural. Bahan Ajar: 1 teori pendidikan multikultural;
2 pendekatan pendidikan Multikultural
5.
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Kesetaraan dan keadilan
multicultural dalam Pendidikan Islam. Bahan Ajar: 1 Kesetaraan Manusia sebagai Makhluk Multikultural
dalam Pendidikan Islam 2 Keadilan Multikultural dalam Pendidikan Islam
6.
Mahasiswa mampu menjelaskan makna dan implikasi Pendidikan
Multikultural dan memilih bentuk pengembangan yang sesuai dengan kondisi di
Indonesia.
Bahan Ajar: (1) Makna
dan Implikasi Pendidikan Multikultural; (2) Sejarah Pendidikan Multikultural;
(3) Karakteristik Problematika Pendidikan Multikultural di Indonesia; (4)
Bentuk Pengembangan Pendidikan Multikultural di Indonesia.
7.
Mahasiswa mampu menjelaskan model pendidikan Islam multicultural
dan peranan guru dalam pendidikan Islam multikultural. Bahan Ajar: (1) Pendidikan Islam Multikultural
dan Integrasi Bangsa; (2) Model Pendidikan Islam Multikultural; (3) Peran Guru
dalam pendidikan Islam multikultural
8. Mahasiswa mampu memahami peran penting
Madrasah dalam pengembangan Pendidikan Multikultural. Bahan Ajar: (1) Peranan Madrasah (MI, MTs, MA/MAK); (2) Peran Madrasah sebagai Lembaga
Pengembangan Budaya; (3) Multikultural sebagai Landasan Pembelajaran; (4)
Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Islam Multikultural
9.
Mahasiswa mampu memahami peran penting sekolah dalam
pengembangan Pendidikan Multikultural. Bahan Ajar: Bahan Ajar: (1) Peranan sekolah (SD, SMP,
SMA/SMK) (2) Peran sekolah sebagai Lembaga Pengembangan Budaya; (3)
Multikultural sebagai Landasan Pembelajaran; (4) Perencanaan Pembelajaran
Pendidikan Islam Multikultural.
10. Mahasiswa mampu memahami peran penting pondok pesantren dalam pengembangan Pendidikan Multikultural. Dan mampu menawarkan alternatif solusi terhadap berbagai
permasalahan yang terkait dengan pelaksanaan Pendidikan Multikultural pada Pondok Pesantren sebagai Sistem Sosial di Indonesia. Bahan ajar (1) Peranan pondok pesantren (MDA,
MDW, MDU) (2) Peran sekolah sebagai Lembaga Pengembangan Budaya; (3)
Multikultural sebagai Landasan Pembelajaran; (4) Perencanaan Pembelajaran
Pendidikan Islam Multikultural.
11.
Mahasiswa mampu menjelaskan Urgensi Pendidikan Islam
Multikultural di Indonesia. Bahan Ajar: Urgensi Pendidikan Islam Multikultural di Indonesia
12.
Mahasiswa mampu menjelaskan Dimensi-dimensi yang terkandung dalam Pendidikan Islam
Multikultural.
Bahan Ajar:
Dimensi-dimensi yang terkandung dalam Pendidikan Islam Multikultural
13.
Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu global pendidikan Islam. Bahan Ajar: (1) Isu-Isu Akulturasi; (2)
Isu-Isu Globalisasi
14.
Mahasiswa mampu menjelaskan relevansi Pendidikan Islam
Multikultural dan Pendidikan Karakter dalam dimensi Budaya Bangsa Indonesia. Bahan ajar (1) Pengertian
PAI Multikultural (2) Pengertian Pendidikan karakter (3) Relevansi PAI
Multikultural dengan Pendidikan Karakter budaya bangsa.
Desain Kurikulum
PAI Multikultural ditentukan 2
sks, dengan ketentuan menyelesaikan berbagai
tugas,
yang meliputi:
membaca berbagai refrensi, membuat laporan
dan refleksi bacaan, analisis konsep,
pengembangan rencana yang terkait dengan
implementasinya,
dan penyusunan
makalah diskusi dan interaksi
dalam kuliah. Untuk pengukuran hasil
perkuliahan dilakukan UTS dan UAS.
Pertemuan
Matakuliah PAI Multikultural dirancang 16 minggu terdiri dari 14 pertemuan materi,
1 kali pertemuan untuk UTS dan 1 kali pertemuan untuk UAS.
Persyaratan Perkuliahan:
1. Mahasiswa menyiapkan makalah yang membahas topik
diskusi dengan indikator yang ditentukan.
2. Mahasiswa diberi kebebasan untuk mengembangkan domain instruksional dalam kawasan pendidikan
3. Mahasiswa menyajikan makalah atau MS PowerPoint, dan menjelaskan materi
secara lisan kepada
mahasiswa lainnya
4. Mahasiswa aktif mengikuti diskusi
5. Mahasiswa menyelesaikan semua tugas termasuk ujian.
Petunjuk Tugas Kelompok
dan Tugas Mandiri
1.
Buatlah makalah kelompok untuk disajikan secara daring, dengan
menentukan salah satu topik dalam materi pokok seperti terdapat pada Program
Perkuliahan di atas.
2.
Penyerahan makalah kelompok yang akan dipresentasikan secara
daring dalam bentuk makalah atau print out disertai
dengan softcopy dalam CD-RW, dengan sistematika sebagai
berikut:
BAB
I PENDAHULUAN (berisi: Latar Belakang; Tujuan Penulisan Makalah;
Sistematika makalah);
BAB II
PEMBAHASAN (berisi: sub-pokok bahasan seperti tertuang pada kolom
4 di atas)
BAB
III TANGGAPAN (berisi: hasil tanggapan
kelompok tentang materi yang dibahas secara cermat);
BAB IV SIMPULAN
(beri simpulan
secara singkat dan cukup satu paragrap);
DAFTAR
RUJUKAN (Cantumkan
rujukan lebih dari dua sumber baik dalam bentuk buku teks, jurnal ilmiah,
makalah ilmiah, Artikel yang diakses dari Internet, dan sumber ilmiah lainnya).
Contoh;
Khairiah, K. (2020). MULTIKULTURAL DALAM
PENDIDIKAN ISLAM. Bengkulu: CV. Zigie Utama.
3.
Tugas kelompok (I s.d. VII) dijilid Hard Cover warna
Abu-abu menjadi satu oleh ketua angkatan dan diserahkan kepada dosen pengampu
matakuliah paling lambat pada pertemuan ketiga.
4.
Tugas mandiri berupa penyusunan salah satu program evaluasi
kelembagaan pendidikan Islam yang berhubungan dengan lima bidang (Thema yang
termuat pada kontrak kuliah.
Evaluasi Hasil Kuliah:
Kriteria:
1.
Kriteria evaluasi tugas individu dan kelompok dinilai dari
aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis, dan evaluasi serta presentasi
hasil kajian setiap tatap muka.
2.
Penelusuran sumber, kesimpulan, dan komentar tanggapan atas
sumber yang ditelusuri
3.
Presentasi kelompok ditinjau dari: makalah atau power point,
teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan, dan menyimpulkan.
Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupakan kumulatif dari jumlah nilai
kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan
Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 25 %,
Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 30 %.
Daftar Bacaan
Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Bandung:
Bailey, Becky. ( 2001). Conscious Discipline.
Oviedo, FL : Loving Guidance
Blandford, S. (2000). Managing Professional
Development in Schools. London: Routledge.
Cunningham, W.G. 1982. Systematic Planning for Educational Change.
Mountain View: USA Mayfield Publishing Company.
Diaz-Maggioli,
Gabriel. (2004). Teacher
Centered Professional Development. Alexandria, VA : Association for
Supervision and Curriculum Development.
Dunn, K. & Dunn, R. (Eds.). (1998). Practical Approaches to
Individualizing Staff Development for Adults. Westport, CT: Praeger
Publishers.
Garobo,
R. C., & Rothstein, S. W. (1998). Supportive
Supervision in Schools. Westport, CT: Greenwood Press.
Glickman,
Carl D. (2002). Leadership
for Learning: How to Help Teachers Succeed. Alexandria, VA:
Association for Supervision and Curriculum Development.
Goetsch, D.L & Davis,
S.B. 1997. Intruduction to Total Quality
(Quality Management for Production, Processing, and Service). Upper Saddle
River, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Guskey, T.A. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand
Oaks, CA: Corwin Press.
Khairiah, K. (2020). MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Bengkulu: CV. Zigie
Utama.
Nama : Hidayaturrohman
BalasHapusKelas : 3E
NIM : 1911540077
Nama : Muhamad Salim
BalasHapusKls. : E
NIM. : 1911540083
Nama : metalia lestari
BalasHapusKelas : 3 E
Nim : 1911540078
Nama:ilza juliarti
BalasHapusKelas: 3E
Nim :1911540085
Nama: Henny dwiyanti
BalasHapusKelas: 2B
Nim :2011240039
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNAMA : Ikhwan Fadillah
BalasHapusNIM : 1911210177
Semester : 4 F
Prodi : PAI
Mata kuliah : Kepemimpinan Dalam Pendidikan
Dosen Pengampuh : Dr. HJ. Khairiyah, M.Pd.
Nama : Rike Appri Yanti
BalasHapusNim : 1911210119
Kelas : 4F
Prodi : PAI
Matkul : Kepemimpinan Dalam Pendidikan
Dosen : Dr.Hj. Khairiyah, M.Pd
NAMA : DINA AGUSTINA
BalasHapusNIM : 1911210166
SEMESTER : 4F
PRODI : PAI
MATA KULIAH : KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN
DOSEN PENGAMPU : Dr.Hj.Khairiyah,M.Pd.
Nama: Fekri Antoni
BalasHapusNim: 1911210108
Prodi: PAI
Kelas: 4. F
Mata Kuliah: Kepemimpinan Dalam Pendidikan
Dosen Pengampu: Dr. Hj. Khairiyah, M.Pd.
Nama : Setra Rahayu Maningsih
BalasHapusNim : 1911210100
Kelas : 4F
prodi : Pai
Mata k: Kepemimpinan Dalam Pendidikan
Dosen : Dr. Hj. Khairiyah, M.Pd.
Nama :Nopita sari
BalasHapusNim. :1911210137
Semester : 4
Prodi :Pai
Makul: Kepemimpinan dalam pendidikan
Dosen pengampu :Dr.Hj.Khairiyah,M.Pd
Nama :Serly apriani
BalasHapusNim:1911210105
Kelas: 4 f
Prodi: Pendidikan Agama islam
Mata Kuliah :Kepemimpinan dalam pendidikan
Dosen Pengampu :Dr. Hj. Khairiyah, M. Pd.
Nama : Ika Putri Aristin
BalasHapusNim : 1911210169
Kelas : 4 F
Prodi : pendidikan agama Islam
Mata k : kepemimpinan dalam pendidikan
Dosen : Dr. Hj. Khairiyah, M.pd
Nama:Fitri Adeanti Riski
BalasHapusNim:1911210073
Kelas:4 F
Prodi:pendidikan agama Islam
Mata kuliah:kepemimpinan dalam pendidikan
Dosen pengampu:Dr. HJ. Khairiyah, M.Pd
Nama : Ma'ruf Muclissun
BalasHapusNim : 1911210164
Kelas : 4F
prodi : Pai
Mata k: Kepemimpinan Dalam Pendidikan
Dosen : Dr. Hj. Khairiyah, M.Pd.
Nama: Reno supriyandi
BalasHapusNim: 1911210165
Semester: 4F
Prodi: PAI
Mata Kuliah : KEPEMIMPINANAN dlm pendidikan
Nama Pengampu : DR. Hj. Khairiyah, MP.d
Nama : M.Farhan mufid
BalasHapusNim : 1911210110
Kelas : Pai 4 F
Prodi : Pendidikan agama Islam
Mata kuliah : Kepemimpinan dalam pendidikan
Dosen : Dr. Hj. Khairiyah. M. Pd