RPS Mata Kuliah Evaluasi Kelembagaan Pendidikan Islam

RPS Evaluasi Kelembagaan Pendidikan Islam
GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN
(GBPP) 
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)

Judul Matakuliah           : Evaluasi Kelembagaan Pendidikan Islam
Semester/sks                : 1 (satu) / 3 (tiga) sks
Program Studi                : S2 Manajemen Pendidikan Islam (MPdI)
Tahun Akademik            : 2017/2018
Pengampu Matakuliah   : Dr. H. Zulkarnain S, M.Ag
                                         Dr. Hj. Khairiah, M.Pd

I.           Kompetensi Inti (KI)
Pada akhir pembelajaran, mahasiswa diharapkan mengusai standar kompetensi secara konseptual tentang evaluasi kelembagaan pendidikan Islam yang diimplementasikan dalam mengelola kelembagaan pendidikan Islam pada setiap satuan dan jenjang pendidikan.
II.         Kompetensi Dasar (KD)
Setelah selesai mengikuti pembelajaran matakuliah evaluasi kelembagaan pendidikan Islam, mahasiswa mampu memahami, menguasai, menganalisis, mengambangkan, dan mengimplementasikan dalam mengelola pendidikan dan praktik pengelolaan kelembagaan pendidikan Islam, yang terkait dengan evaluasi kelembagaan  pendidikan, dan penyelenggaraan administrasi pendidikan persekolahan.
Deskripsi Proses Pembelajaran dapat diperoleh saat perkuliahan.
A.         Strategi Perkuliahan
Perkuliahan mata kuliah evaluasi kelembagaan pendidikan Islam, menggunakan beberapa strategi pembelajaran diantaranya sebagai berikut:
1.    Penyampaian informasi tentang manfaat dan tujuan mempelajari mata kuliah evaluasi kelembagaan pendidikan Islam. Pada langkah ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terhadap rencana perkuliahan yang akan dilaksanakan dalam satu semester, baik mengenai sistem perkuliahan, sistem evaluasi hasil belajar, penyelesaian tugas-tugas yang diberikan dosen pengampu matakuliah baik individu maupun kelompok.
2.    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan riset dan mengemukakan berbagai pendapat dan pandangannya tentang isi yang ditempuh. Mahasiswa dapat mengajukan usul, pendapat, dan saran terhadap topik-topik bahasan yang akan didiskusikan sebagai tugas akhir kuliah.
3.    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan beberapa contoh soal yang dibuat dosen baik dalam bentuk essay maupun pilihan ganda untuk menggali kemampuan mahasiswa dalam penguasaan materi kuliah ini.
4.    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang di dapat selama satu semester untuk menyusun program evaluasi kelembagaan pendidikan Islam pada setiap satuan pendidikan masing-masing.

B.         Evaluasi Proses dan Hasil Belajar, serta Ketentuan Makalah
Setiap mahasiswa akan dinyatakan berhasil menyelesaikan mata kuliah evaluasi kelembagaan pendidikan Islam dengan syarat: (1) mengikuti perkuliahan sekurang-kurangnya 80 % dari program perkuliahan yang dirancang dosen yang telah dibahas bersama mahasiswa; (2) Aktif dalam partisipasi perkuliahan (bertanya, memberi tanggapan, dan menjelaskan saat diskusi selama proses pembelajaran); (3) Menyusun makalah kelompok yang dipresentasikan di depan kelas; (4) mengikuti ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir smester (UAS) tepat waktu, (5) Menyusun tugas mandiri; (6)  menyelesaikan tugas mandiri maupun kelompok tepat waktu yang diprogramkan bersama dosen pengampu matakuliah.
C.         Petunjuk Tugas Kelompok dan Mandiri
1.    Buatlah makalah kelompok untuk disajikan di depan kelas, dengan menentukan salah satu topik dalam materi pokok seperti terdapat pada Program Perkuliahan di atas.
2.    Penyerahan makalah kelompok yang akan dipresentasikan di depan kelas dalam bentuk print out disertai dengan softcopy dalam CD-RW, dengan sistematika sebagai berikut:

BAB   I PENDAHULUAN  (berisi: Latar Belakang; Tujuan Penulisan Makalah; Sistematika makalah);
BAB II  PEMBAHASAN    (berisi: sub-pokok bahasan seperti tertuang pada kolom 4 di atas)
BAB III TANGGAPAN        (berisi: hasil tanggapan kelompok tentang materi yang dibahas secara cermat);
BAB IV SIMPULAN            (beri simpulan secara singkat dan cukup satu paragrap);
DAFTAR RUJUKAN            (Cantumkan rujukan lebih dari dua sumber baik dalam bentuk buku teks, jurnal ilmiah, makalah ilmiah, Artikel yang diakses dari Internet, dan sumber ilmiah lainnya).
3.    Tugas kelompok (I s.d. VII) dijilid Hard Cover warna Abu-abu menjadi satu oleh ketua angkatan dan diserahkan kepada dosen pengampu matakuliah paling lambat pada pertemuan ketiga.
4.    Tugas mandiri berupa penyusunan salah satu program evaluasi kelembagaan pendidikan Islam yang berhubungan dengan lima bidang (Thema yang termuat pada kontrak kuliah.

D.         Evaluasi Hasil Kuliah:

Kriteria:
1.    Kriteria evaluasi tugas individu dan kelompok dinilai dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis, dan evaluasi serta presentasi hasil kajian setiap tatap muka.
2.    Penelusuran sumber, kesimpulan, dan komentar tanggapan atas sumber yang ditelusuri
3.    c. Presentasi kelompok ditinjau dari: power point, teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan, dan menyimpulkan.

Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupakan kumulatif dari jumlah nilai kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 25 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 30 %.
Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:
A      Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 100 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas tepat waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti UTS dan UAS sesuai waktu yang dijadwalkan.
A-     Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas sesuai waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti UTS dan UAS sesuai waktu yang dijadwalkan.
B+    Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas tidak sesuai batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok mengikuti UTS dan UAS tidak sesuai waktu yang ditetapkan.
B      Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas pada saat tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti UTS dan UAS susulan .
E.         Daftar Rujukan

Arskal Salim GP. Kebijakan Dit. PTKI tentang Penguatan SPI pada PTKIN. Disampaikan pada Acara Rapat Koordinasi Nasional PTKI di Jakarta pada Tanggal 15 Mei 2019 
Agung Kurniawan. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan
Cengel, A., Yunus, Boles, A., Michael. Thermodynamics An engineering Approach, Third Edition, (United States of America: WCB/ McGraw-Hill, 1989)
DeZoot. Todd. 1998. Time Pressure Research in Auditing: Implications for Practice. Volume 22 No.1 University Of South Carolina
Engko, Cecilia dan Gudono.  2007. Pengaruh Kompleksitas Tugas dan Locus of Control Terhadap Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Auditor. SNA X. Makassar
Fisher, Simon, dkk. 2001. Mengelola Konflik: Ketrampilan & Strategi Untuk Bertindak. Jakarta: The British Council
Gaertner, J. F., and Ruhe, J.A. 1981. Job-Related Stress in Public Accounting, Journal of Accountancy. June.
Hery. Etika Profesi dan Keputusan Auditor. Media Akuntansi, Edisi 46/XII, Juni. 2005
Imam Suprayogo, Pengembangan Pendidikan Karakter, (Malang: UIN-Maliki Press, 2013), h.133
J.M. Juran, 1999. “How to Think about Quality” dalam Juran’s Quality Handbook, eds.  Joseph M. Juran et al. (New York: MCGraw-Hill Companies, Inc.
Jamilah, Siti, et.al. 2007. Pengaruh Gender, Tekanan Ketaatan dan Kompleksitas Tugas Terhadap Audit Judgment. SNA X. Makassar     
Jerry H. Makawimbang, Kepemimpinan Yang Bermutu, (Bandung: Alfabeta, 2012), h. 6
Judge, T.A., Piccolo, R.F. & Ilies, R. The Forgotten On? The Validity Of Consideration and Initiating
Khairiah, Kesempatan Mendapatkan Pendidikan Dalam Kajian Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Keluarga, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018), h. 159
Kreitner, Robert, Kinicki, Angelo, 1995, Organizational Behavior, Third Edition, (Printed in The United State of America: Richard D. Irwin Inc., USA
Liyanarachchi, G.A., Shaun M. McNamara. 2007. Auckland University Bussines Riview. Volume 9 Nomor 2: Tim Budget Pressure in New Zealand Audits
M. Nurkholis Setiawan. Membangun Sinergisitas SPI dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Menuju Zero Finding. Disampaikan pada Acara Rapat Koordinasi Nasional PTKI di Jakarta pada Tanggal 14 Mei 2019
Margheim, L., et.al. 2005. An Empirical Analysis of the Effects of Auditor Time Budget Pressure and Time Deadline Pressure. The Journal of Applied Business Reserch. Winter. Vol 21. No.1
Mardiasmo, 2009. Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi
McDaniel, Lamb, Hair. 2001. Pemasaran, Edisi Pertama, Jakarta: Salemba Empat
Nur Syam, 2014. Dari Bilik Birokrasi, Esai Agma, Pendidikan dan Birokrasi, Kementerian Agama, Jakarta: Pustaka Pelajar
Organization for Economic Cooperation and Development. 2004. OECD Principles of Corporate Governance 2004. The OECD Paris. 
Prasita Andim dan Priyo Hari Adi. Pengaruh Kompleksitas Audit dan Tekanan Anggaran Waktu Terhadap Kualitas Audit dengan Moderasi Pemaham Terhadap Sistem Informasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Volume XIII Nomor 1. 2007
Robbins, 1996, Perilaku Organisasi, Alih bahsa PujaatmakaJakarta: pren Halindo Strukture In Leadership Research. Journal Of Applied Psychology, 89(1), 36-51
Robbins, 1996. Perilaku Organisasi, Alih bahsa PujaatmakaJakarta: pren Halindo
Sudirman Said. 2002. Enron dan Akuntan Publik, Majalah Tempo, No.49/XXX, Pebruari.
Snead, K. and A. Harrell. 1991. The Impactof Psychological Factors on the JobSatisfaction of Senior Auditors. Behavioral Research in Accounting, h. 3, Randhawa, M.G. 2007. Relationship between job satisfaction and turnover intention: an empirical analysis. Indian Management Studies Journal, 11, 149-159.
Stufflebeam, Daniel L. dan Anthony J. Shinkfield. Evaluation Theory, Models and Applications. (San Francisco: Jossey-Bass, 2007), h. 327

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAHAN AJAR MATA KULIAH DASAR-DASAR PENDIDIKAN

Contoh Pembelajaran Berbasis Riset Mata Kuliah Evaluasi Kelembagaan An. Ahmad Isna Muhdi

BAHAN AJAR MATA KULIAH: ILMU PENDIDIKAN ISLAM