RPS Kebijakan Pendidikan Agama Islam di Indonesia
RPS Kebijakan Pendidikan Agama Islam
di Indonesia
GARIS-GARIS
BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN
(GBPP)
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)
Judul Matakuliah : Kebijakan
Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Jumlah sks : 2 (dua) sks
Program Studi
: S2 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Tahun Akademik :
2019/2020
Pengampu Matakuliah : Prof. Dr. H. Sirajuddin M. M.Ag, MH
Dr. Hj. Khairiah, M.Pd
I.
Kompetensi Inti (KI)
Pada akhir pembelajaran,
mahasiswa diharapkan mengusai standar kompetensi secara konseptual tentang kebijakan
pendidikan Agama Islam di Indonesia yang diimplementasikan dalam mengelola kelembagaan
pendidikan Agama Islam pada setiap satuan dan jenjang pendidikan.
II.
Kompetensi Dasar (KD)
Setelah selesai
mengikuti pembelajaran matakuliah kebijakan pendidikan agama Islam di Indonesia,
mahasiswa mampu memahami, menguasai, menganalisis, mengambangkan dan
mengimplementasikan dalam mengelola pendidikan dan praktik pengelolaan kelembagaan
pendidikan Islam, yang terkait dengan kebijakan pendidikan agama Islam di
Indonesia dan penyelenggaraan administrasi pendidikan persekolahan.
Deskripsi Proses Pembelajaran dapat diperoleh saat
perkuliahan.
III.
Strategi Perkuliahan
Perkuliahan mata kuliah kebijakan pendidikan agama Islam di
Indonesia, menggunakan beberapa strategi pembelajaran diantaranya sebagai
berikut:
1.
Penyampaian informasi tentang manfaat dan tujuan mempelajari
mata kuliah kebijakan pendidikan agama Islam di Indonesia. Pada langkah ini
mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terhadap rencana
perkuliahan yang akan dilaksanakan dalam satu semester, baik mengenai sistem
perkuliahan, sistem evaluasi hasil belajar, penyelesaian tugas-tugas yang
diberikan dosen pengampu matakuliah baik individu maupun kelompok;
2.
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan riset
dan mengemukakan berbagai pendapat dan pandangannya tentang isi yang ditempuh.
Mahasiswa dapat mengajukan usul, pendapat, dan saran terhadap topik-topik
bahasan yang akan didiskusikan sebagai tugas akhir kuliah;
3.
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan
beberapa contoh soal yang dibuat dosen baik dalam bentuk essay maupun pilihan
ganda untuk menggali kemampuan mahasiswa dalam penguasaan materi kuliah ini;
dan
4.
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan
pengetahuan yang di dapat selama satu semester untuk menyusun program kebijakan
pendidikan agama Islam, pada setiap satuan pendidikan masing-masing.
IV.
Evaluasi Proses dan Hasil Belajar,
serta Ketentuan Makalah
Setiap mahasiswa akan
dinyatakan berhasil menyelesaikan mata kuliah kebijakan pendidikan agama Islam
di Indonesia dengan syarat: (1) mengikuti perkuliahan sekurang-kurangnya 80 %
dari program perkuliahan yang dirancang dosen yang telah dibahas bersama
mahasiswa; (2) Aktif dalam partisipasi perkuliahan (bertanya, memberi
tanggapan, dan menjelaskan saat diskusi selama proses pembelajaran); (3)
Menyusun makalah kelompok yang dipresentasikan di depan kelas; (4) mengikuti
ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir smester (UAS) tepat waktu, (5)
Menyusun tugas mandiri; (6) menyelesaikan tugas mandiri maupun kelompok
tepat waktu yang diprogramkan bersama dosen pengampu matakuliah.
V.
Petunjuk Tugas Kelompok dan Mandiri
1.
Buatlah makalah kelompok untuk disajikan di depan kelas,
dengan menentukan salah satu topik dalam materi pokok seperti terdapat pada
Program Perkuliahan di atas.
2.
Penyerahan makalah kelompok yang akan dipresentasikan di depan
kelas dalam bentuk print out disertai dengan softcopy dalam
CD-RW, secara daring, dengan sistematika sebagai berikut:
BAB
I PENDAHULUAN (berisi: Latar Belakang; Tujuan Penulisan Makalah;
Sistematika makalah);
BAB II
PEMBAHASAN (berisi: sub-pokok bahasan seperti tertuang pada
kolom 4 di atas)
BAB
III TANGGAPAN (berisi: hasil tanggapan
kelompok tentang materi yang dibahas secara cermat);
BAB IV SIMPULAN
(beri simpulan
secara singkat dan cukup satu paragrap);
DAFTAR
RUJUKAN (Cantumkan
rujukan lebih dari dua sumber baik dalam bentuk buku teks, jurnal ilmiah,
makalah ilmiah, Artikel yang diakses dari Internet, dan sumber ilmiah lainnya).
3.
Tugas kelompok (I s.d. VII) dijilid Hard Cover warna
Abu-abu menjadi satu oleh ketua angkatan dan diserahkan kepada dosen pengampu
matakuliah paling lambat pada pertemuan ketiga.
4.
Tugas mandiri berupa penyusunan salah satu program evaluasi
kelembagaan pendidikan Islam yang berhubungan dengan lima bidang (Thema yang
termuat pada kontrak kuliah.
VI.
Evaluasi Hasil Kuliah:
Kriteria:
1.
Kriteria evaluasi tugas individu dan kelompok dinilai dari
aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis, dan evaluasi serta presentasi
hasil kajian setiap tatap muka.
2.
Penelusuran sumber, kesimpulan, dan komentar tanggapan atas
sumber yang ditelusuri
3.
c. Presentasi kelompok ditinjau dari: power point, teknik
penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan, dan menyimpulkan.
Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupakan kumulatif dari jumlah nilai
kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan
Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 25 %,
Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 30 %.
Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:
(A) Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 100 % dari
jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas tepat waktu yang telah ditetapkan,
mengikuti presentasi kelompok, mengikuti UTS dan UAS sesuai waktu yang
dijadwalkan.
(A-) Jika hadir mengikuti perkuliahan
minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas sesuai waktu yang
telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti UTS dan UAS sesuai
waktu yang dijadwalkan.
(B+) Jika hadir mengikuti perkuliahan
minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas tidak sesuai batas
waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok mengikuti UTS dan
UAS tidak sesuai waktu yang ditetapkan.
(B) Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah
perkuliahan, mengumpulkan tugas pada saat tanggal presentasi yang telah
ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti UTS dan UAS susulan.
VII. Daftar
Rujukan
Arskal Salim GP. Kebijakan
Dit. PTKI tentang Penguatan SPI pada PTKIN. Disampaikan pada Acara Rapat
Koordinasi Nasional PTKI di Jakarta pada Tanggal 15 Mei 2019
Agung
Kurniawan. 2005. Transformasi Pelayanan
Publik. Yogyakarta: Pembaruan
Cengel,
A., Yunus, Boles, A., Michael. Thermodynamics
An engineering Approach, Third Edition, (United States of America: WCB/
McGraw-Hill, 1989)
Engko, Cecilia dan Gudono. 2007. Pengaruh
Kompleksitas Tugas dan Locus of Control Terhadap Hubungan Antara Gaya
Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Auditor. SNA X. Makassar
Fisher, Simon, dkk. 2001. Mengelola Konflik: Ketrampilan & Strategi Untuk Bertindak. Jakarta:
The British Council
Imam
Suprayogo, Pengembangan Pendidikan
Karakter, (Malang: UIN-Maliki Press, 2013), h.133
J.M.
Juran, 1999. “How to Think about Quality”
dalam Juran’s Quality Handbook, eds. Joseph M. Juran et al. (New York: MCGraw-Hill
Companies, Inc.
Jerry
H. Makawimbang, Kepemimpinan Yang
Bermutu, (Bandung: Alfabeta, 2012), h. 6
Khairiah, Kesempatan
Mendapatkan Pendidikan Dalam Kajian Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Keluarga,
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018), h. 159
Kreitner, Robert, Kinicki, Angelo, 1995, Organizational Behavior, Third Edition,
(Printed in The United State of America: Richard D. Irwin Inc., USA
Liyanarachchi,
G.A., Shaun M. McNamara. 2007. Auckland
University Bussines Riview. Volume 9 Nomor 2: Tim Budget Pressure in New Zealand Audits
Margheim, L., et.al. 2005. An Empirical Analysis of the Effects of Auditor Time Budget Pressure
and Time Deadline Pressure. The Journal of Applied Business Reserch.
Winter. Vol 21. No.1
Nur Syam, 2014. Dari
Bilik Birokrasi, Esai Agma, Pendidikan dan Birokrasi, Kementerian Agama,
Jakarta: Pustaka Pelajar
Robbins,
1996, Perilaku Organisasi, Alih bahsa Pujaatmaka, Jakarta: pren Halindo Strukture
In Leadership Research. Journal Of Applied
Psychology, 89(1), 36-51
Robbins,
1996. Perilaku Organisasi, Alih bahsa
Pujaatmaka, Jakarta: pren
Halindo
Sudirman Said. 2002.
Enron dan Akuntan Publik, Majalah Tempo, No.49/XXX, Pebruari.
Stufflebeam, Daniel L. dan Anthony J. Shinkfield. Evaluation Theory, Models and Applications. (San
Francisco: Jossey-Bass, 2007), h. 327
Nama: Risa Sarpita
BalasHapusNim : 1811210114
Kelas: Pai 4D ( C. 7:8)
Nama : ANITA KURNIATI
BalasHapusNIM : 1911540041
Kelas : PAI IID
Nama : Muhin Munir
BalasHapusNim : 1911540053
Nama : Imam Muttaqin
BalasHapusNim : 1911540047
Herlinah
BalasHapusNim:1911540008
Kelas:II.d
Herlinah
BalasHapusNim:1911540008
Nama : Tamam
BalasHapusNim : 1911540044
Nama : M.RUSDI
BalasHapusNIM : 1911540048
Nama : M.RUSDI
BalasHapusNIM : 1911540048
Nama : Tamam
BalasHapusNim : 1911540044
Nama : Karyanto
BalasHapusNim : 1911540063
Nama : KASMIN
BalasHapusNIM. : 1911540012
Nama. Suharni
BalasHapusNim. 1911540022
Kelas 2D
Nama : Askan Arifin
BalasHapusNim : 1911540036
Nama : Ali Sodikin
BalasHapusNim : 1911540051
Nama : Mariana
BalasHapusNim: 1911540051
Nama : Apnita Kartini
BalasHapusNim :1911540052
Nama : Siti Maisyaroh
BalasHapusNIM : 1911540009
Kelas : 2D
Nama : Drajat Santoso
BalasHapusNIM : 1911540055
Kelas : PAI/2C
Nama ; Tri yamti
BalasHapusNim : 1911540069
Kelas : PAI/2 D
Nama : Iskandar Zulkarnain
BalasHapusNim : 1911540016
Kls : PAI/2 d
Nama : ROSITA
BalasHapusNIM :1911540011
KLS :PAI /2 C
Nama: Jessy Amelia
BalasHapusNim. : 1911540007
Kls : PAI/2c
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Hendri Kuswira
BalasHapusNIM : 1911540038
Mata Kuliah : Kebijakan PAI di Indonesia
Prodi/Semester : PAI / IIc
Dosen : Dr. Hj. Khairiah, M.Pd
Nama : SriLukita
BalasHapusNim : 1911540049
Kelas : PAI/2 c
Nama : Endang Ardiansah
BalasHapusNIM : 1911540031
Kela : PAI/2.C
Nama:Susilawati
BalasHapusNim:1911540014
Kelas:PAI/2.C
Nama. : Mahyuni
BalasHapusNim. : 1911540024
Kelas. : PAI / 2.C
Nama: Risa Sarpita
BalasHapusNim: 1811210114
Kelas: PAI 4D ( Pendidikan Agama Islam) 4D
UAS : Kepemimpinan Dalam Pendidikan
NAMA : ANITA KURNIATI
BalasHapusNIM : 1911450041
ROSYID
BalasHapusNIM. 1911540030
Validasi UAS
BalasHapusNama : Imam Muttaqin
NIM : (1911540047)
Kelas : SEM.II/S2 PAI D
Validasi Uas
BalasHapusNama : Suharni
NIM : 1911540022
Kelas : PAI II.D/S.2
Nama : Tamam
BalasHapusNim : 1911540044
Kelas : PAI II.D/S.2
Nama : Muhin Munir
BalasHapusNim : 1911540053
Nama : Siti Maisyaroh
BalasHapusNIP : 1911540009
Kelas : PAI/II D
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : apnita Kartini
BalasHapusNIP : 1911540026
Kelas : PAI/II D
Nama : Mariana
BalasHapusNIP : 1911540042
Kelas : PAI/II D
Nama : M.Rusdi
BalasHapusNIM : 1911540048
Tri Yamti
BalasHapusNIM : 1911540069
Nama : Askan Arifin
BalasHapusNim : 1911540036
Kelas : PAI / II D
Nama:Herlinah
BalasHapusNim;1911540008
Kelas:PAI/II.d
nama iskandar zulkarnain/2d.NIM.1911540016
BalasHapusNama : KARYANTO
BalasHapusKls : 2 d
NIM : 1911540063
Nama:Laina tusyifa
BalasHapusNim:3011210143
Kelas:1E
Nama: Alpiansyah Putra
BalasHapusNIM: 1911540081
KELAS: 3E
Nama: Nurma Hutari
BalasHapusKelas : 3E
Nim : 1911540074
Nama : Cecen Andrea
BalasHapusKelas : 3E
Nim : 1911540072
Nama : Yeti Dewanti
BalasHapusKelas : 3 E
Nim :1911540073
Nama: Oki Ibriansyah
BalasHapusNIM: 1911540084
SEMESTER: 3E
Nama : Umbar
BalasHapusNIM : 1911540070
Kelas : 3E
Assalamualaikum Wr. Wb. Ibu yth. Ini mahasiswa ibu pasca S2 an. Umbar bahwasanya Kebijakan PAI di Indonesia baik mulai masa penjajahan Belanda dan Jepang hingga zaman awal kemerdekaan RI (orde Lama), lalu Orde Baru bahkan di zaman Reformasi ini, lambat laun semakin pesat baik di kebijakan Kemendikbud maupun Kemenag. Tinggal korelasi dan implementasinya di lapangan yang perlu mendapat perhatian khusus. Trims Wassalam.
Abdul Mufid NIM 1911540071
BalasHapusNama : Edward Esfranto
BalasHapusNIM : 1911540079
Kelas/Semester: E/3
Nama : Muhammad Daud
BalasHapusNIM : 1911540082
Kelas : 3E
Nama:ilza juliarti
BalasHapusKelas : 3E
Nim :1911540085
Nama : Metalia lestari
BalasHapusKelas : 3 E
Nim : 1911540078
Nama : Hamid Munawar
BalasHapusNim. : 1911540080
Kelas : 2 E
Nama : Hamid Munawar
BalasHapusNim. : 1911540080
Kelas : 2 E
Mama : Hamid Munawar
BalasHapusNim. :1911540080
Kelas. :2E
Mama : Hamid Munawar
BalasHapusNim. :1911540080
Kelas. :3E
Nama : Anisah Rahma Putri
BalasHapusNim : 1911210104
Prodi : Pendidikan agama Islam
Semester : 4
Class : 4 F
Matkul : kepemimpinan dalam pendidikan
Dosen pengampu: Dr.Hj.Khairiah M.Pd
Nama : Edward Esfranto
BalasHapusNIM : 1911540079
Kelas/Semester: E/4
Program Pascasarjana S2
Ass ibuk. Maaf kirim tugas an. Umbar, NIM : 1911540070; Kelas / Semester : E/4; Program : Pascasarjana S2. Trims.
BalasHapusNama : Umbar
BalasHapusNIM : 1911540070
KELAS : E
SEMESTER : 4
MATKUL : KEBIJAKAN PAI
PRODI : S2. PAI.
Nama : Een Ardila
BalasHapusNIM : 1911540076
Mhsiswa PAI Pascasarjana SMT 2E.
Metalia lestari 1911540078
BalasHapusNama : Abdul Mufid
BalasHapusNIM : 1911540017
UAS : Kebijakkan PAI di Indonesia
Kelas : 3.E
Nama : Hamid Munawar
BalasHapusNim. : 1911540080