SILABUS MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI
SILABUS PERKULIAHAN
A. Identitas Matakuliah
Nama mata kuliah
: Pengembangan Kurikulum PAI
Bobot Sks :
3 sks
Kelompok matakuliah :
MKK (Mata Kuliah Keahlian)
Dosen :
Dr. Hj. Khairiah, M.Pd
B. Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah Pengembangan Kurikulum
PAI ini merupakan mata kuliah yang diarahkan untuk membahas berbagai
perkembangan kurikulum di Indonesia, baik antara teori dengan realisasi,
harapan dengan kenyataan, perencanaan dengan
pelaksanaan.
C. Tujuan
Agar mahasiswa mampu menjelaskan
pengembangan kurikulum, baik secara teori maupun praktek, mampu menjelaskan
perkembangan kurikulum di Indonesia, khususnya kurikulum PAI, dan mampu membuat
perencanaan kurikulum yang akan di gunakan sampai kepada pelaksanaan serta mampu
mengevaluasi.
D. Pendekatan Pembelajaran/Perkuliahan
Metode : Ceramah, Tanya jawab, Riset, diskusi dan pemecahan
masalah.
Tugas : Harian
individual, kerja kelompok, makalah individual
Media : in-focus dan
online.
E. Evaluasi
Partisipasi
kehadiran di kelas langsung dan kelas online
Tugas
individual dan kelompok
Ujian
Tengah Semester
Kualitas
makalah
Ujian
akhir semester
F.
Materi Pokok Perkuliahan
1. Hakekat
Kurikulum
a.
Pengertian, Peran dan Fungsi
Kurikulum
b.
Kurikulum Ideal dan Aktual
c.
Kurikulum Tersembunyi
d.
Kurikulum Pendidikan Islam
(John Wiles and Joseph Bondi, Curriculum
Development: A Guide to Practice, 3-18; Murray Print, Curriculum
development and design, 9-13; Hilda Taba, Curriculum Development,
231-243; Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 3-24; Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran,3-30;
Munir, Kurikulum Berbasis TIK, 27-51)
Deskripsi :
Tema ini menguraikan pengertian dan
fungsi kurikulum dalam dunia pendidikan, menjelaskan kurikulum ideal, aktual,
tersembunyi, dan kurikulum pendidikan Islam.
2. Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum PAI
a. Implementers
b. Adapters
c. Developers
d. Researchers
(Murray
Print, Curriculum development and design, 17-20; Wina Sanjaya, Kurikulum
dan Pembelajaran, 27-30)
Deskripsi :
Tema
ini menguraikan peran guru sebagai implementator kurikulum, menyesuaikan
kurikulum dengan situasi dan kondisi siswa, mengembangkan dan menyempurnakan
kurikulum yang ada dan melakukankan penelitian kurikulum yang sedang berlaku
sekaligus menyempurnakan.
3.
Peran Kepala Sekolah/Madrasah dalam
Pengembangan Kurikulum PAI
a.
Syarat Kepala Sekolah/Madrasah
b.
Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah
c.
Tugas dan Peran Kepala Sekolah/Madrasah
dalam Pengembangan Kurikulum
(Rusman, Manajemen Kurikulum,
7-16)
Deskripsi :
Tema ini menguraikan persyaratan dan
kinerja kepala sekolah/madrasah,
menjelaskan tugas dan peran kepala sekolah/madrasah dalam mengembangkan
kurikulum yang dilaksanakan.
4. Landasan Pengembangan Kurikulum PAI
a.
Landasan Filosofis
b.
Landasan Psikologis
c.
Landasan Sosiologis
d.
Landasan Organisatoris
(Nana
Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 38-57;
Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 57-75)
Deskripsi :
Tema ini menguraikan landasan yang
digunakan untuk mengembangkan kurikulum pendidikan agama Islam, baik landasan
filosofis, psikologis, sosiologis maupun organisatoris.
5. Perkembangan Kurikulum Madrasah di Indonesia
a.
Pendidikan Agama sebelum Kemerdekaan
b.
Pendidikan Agama Pasca kemerdekaan
c.
Madrasah Era SKB 3 Menteri
d.
Bentuk Struktur Kurikulum Madrasah
(Nur Ahid, Problematika Madrasah
Aliyah di Indonesia, 91- 181; Abdul Rahman Shaleh, Madrasah dan
Pendidikan Anak Bangsa, 11-52)
Deskripsi :
Tema ini menguraikan pendidikan
agama Islam sebelum dan setelah kemerdekaan, perkembangan madrasah sampai
munculnya SKB 3 Menteri dan mampu menerangkan bentuk struktur kurikulum
Madrasah.
6. Komponen-komponen dan Model Pengembangan Kurikulum
a.
Komponennya berisi tujuan, isi/bahan
ajar, metode/strategi mengajar dan evaluasi
b. Model pengembangannya menurut: 1) Ralp Tyler, 2) Hilda Taba,
3) DK. Wheeler, 4) Beauchamp, dan 5) Rogers.
(Murray Print, Curriculum
development and design, 60-91; John P Miller & Wayne Seller, Curriculum
Perspective and Practice, 175-203; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan
Kurikulum Teori dan Praktek, 102-112, 161-170; Abdullah Idi, Pengembangan
Kurikulum, 35-54)
Deskripsi :
Tema ini menguraikan tujuan
kurikulum yang berdasar pada tujuan nasional, institusional dan instruksional,
menjelaskan bahan/isi kurikulum yang akan disajikan, metode yang akan digunakan
dalam mengajar, strategi yang dilakukan dalam proses belajar mengajar dan
evaluasi yang digunakan serta model pengembangan kurikulum menurut para ahli.
7. Macam-macam Konsep Kurikulum
a.
Kurikulum Akademik
b.
Kurikulum Humanistik
c.
Kurikulum Rekonstruksi sosial
d.
Kurikulum Teknologi
(Murray Print, Curriculum
development and design, 45-56; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan
Kurikulum Teori dan Praktek, 81-101)
Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang
kurikulum akademik, kurikulum humanistik, kurikulum rekonstruksi sosial dan
kurikulum teknologik, serta sekaligus melihat kelebihan dan kekurangan
masing-masing.
8. Pengembangan Kurikulum
a.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Pengembangan Kurikulum
b.
Prinsip Dasar Pengembangan Kurikulum
(John P Miller & Wayne Seller, Curriculum
Perspective and Practice, 117-141; A. Hamid Syarif, Pengembangan
Kurikulum 69-74; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori
dan Praktek, 150-159)
Deskripsi :
Tema ini menguraikan faktor-faktor
yang mempengaruhi perkembangan kurikulum; yaitu: sosial, ekonomi, politik dan
lain-lain. Begitu pula hal-hal yang harus diperhatikan di dalam menyusun
kurikulum.
9. Desain Kurikulum dalam Pendidikan
a.
Kurikulum yang Berpusat pada Bahan
Ajar
b.
Kurikulum yang mengutamakan Peranan
Siswa
c.
Kurikulum yang Berpusat pada
Masalah-masalah yang dihadapi Masyarakat
(Murray Print, Curriculum
development and design, 93-106; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan
Kurikulum Teori dan Praktek, 113-125)
Deskripsi :
Tema ini menguraikan kurikulum
berpusat pada materi yang akan diajarkan kepada siswa dan memberi tempat utama
kepada siswa. Di dalam pendidikan dan pengajaran, yang belajar adalah siswa
sendiri, guru hanya berperan menciptakan situasi, mendorong, memberikan
bimbingan sesuai dengan kebutuan peserta didik. Disamping itu karena manusia adalah makhluk social selalu hidup bersama,
maka dia harus disiapkan untuk hidup bersama dengan masyarakat.
10. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama di Pesantren, Sekolah
dan Madrasah
a.
Kurikulum Pesantren
b.
Kurikulum Madrasah
c.
Kurikulum Sekolah
(Karel A. Steenbrink, Pesantren,
Madrasah dan Sekolah, 165-200; Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan
Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, 197-212; Abdul Rahman Shaleh, Madrasah
dan Pendidikan Anak Bangsa, 189-210)
Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang
kurikulum yang ada di pesantren, madrasah dan sekolah yang masing-masing
memiliki cirri khasnya sendiri-sendiri.
11. Praktek Pengembangan Kurikulum di Indonesia
a.
Kurikulum Tahun 1967
b.
Kurikulum Tahun 1975
c.
Kurikulum Tahun 1984
d.
Kurikulum Tahun 1994
e.
Kurikulum Tahun 2004
f.
Kurikulum Tahun 2006
(Lias Hasibuan, Kurikulum dan
Pemikiran Pendidikan, 94-104; A. Hamid Syarif, Pengembangan Kurikulum,
74-77)
Deskripsi :
Tema ini menguraikan orientasi dan
perkembangan kurikulum di Indonesia, mulai kurikulum tahun 1967, 1975, 1984,
1994, 2006 sampai sekarang yang masing-masing memiliki kekurangan yang perlu
disempurnakan agar kurikulum di Indonesia menghasilkan lulusan yang berkualitas
sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
12.
Sumber Daya Pendukung Keberhasilan
Implementasi Kurikulum
a.
Pemanfatan Sumber Belajar dan
Penggunaan Media Pembelajaran
b.
Manajemen Sekolah
c.
Strategi dan Model-model
Pembelajaran
d.
Kualitas dan Kinerja Guru
e.
Monitoring Pelaksanaan Kurikulum
(Rusman, Manajemen Kurikulum,
121-402; UIN Malang, Materi Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, 167-206
)
Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang
memanfaatkan sumber belajar, penggunaan media pembelajaran, mengatur sekolah
yang baik, membuat strategi dan menguraikan model-model pembelajaran, menjadi
guru yang berkualitas dan memiliki kinerja yang baik dan sekaligus bisa
memonitoring pelaksanaan kurikulum.
13. Pengembangan KTSP Berbasis Pendidikan Budaya dan Karakter
Bangsa
a.
Pengertian, Tujuan, Dasar dan
Prinsip Pengembangan KTSP
b.
Komponen dan Proses Penyusunan KTSP
c.
Pengertian, Pengembangan Pendidikan
Budaya dan Karakter Bangsa melalui Mata Pelajaran, Muatan Lokal, Kepribadian
dan Budaya Sekolah
d.
Perencanaan Pengembangan Budaya dan
Karakter Bangsa
e.
Proses Pembelajaran, cara Penilaian
dan Indikator Keberhasilan Kelas dan Sekolah.
(Wina Sanjaya, Kurikulum dan
Pembelajaran, 127-150; E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,
17-31), Kemendiknas, Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter
Bangsa, 2-12.
Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang
pengertian, tujuan, dasar dan prinsip pengembangan KTSP, menguraikan komponen
KTSP dan proses penyusunan KTSP. Terkait dengan budaya dan karakter menjelaskan
tentang pengertian, pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui
mata pelajaran, muatan lokal, kepribadian,
budaya sekolah, perencanaan pengembangan budaya - karakter bangsa,
selanjutnya proses pembelajaran, cara penilaian dan indikator keberhasilan
kelas dan sekolah.
14.
Pengembangan Tujuan dan Isi
Kurikulum
a.
Pengembangan Tujuan Kurikulum
b.
Pengembangan Isi Kurikulum
(Wina Sanjaya, Kurikulum dan
Pembelajaran, 99-113)
Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang mengapa
tujuan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pengembangan
kurikulm. Sebab setiap rencana harus
memiliki tujuan agar dapat ditentukan apa yang harus dicapai, serta apa yang
harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, Demikian juga dengan halnya
pengembangan isi kurikulum. Agar tujuan kurikulum bisa tercapai maka isi
kurikulum harus bisa menunjang dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
15. Pengembangan
Kurikulum Pendidikan Karakter
a.
Hakekat, tujuan dan fungsi
pendidikan karakter
b.
Nilai-nila pembentukan dan proses
pendidikan karakter
c.
Strategi pelaksanaan pendidikan
karakter
d.
Pengembangan Kurikulum pendikan
karakter di tingkat satuan pendidikan
e.
Pelaksanaan pendidikan karakter di
sekolah
Kemendiknas,
Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, hal. 1-63
Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang hakekat pendidikan karakter, tujuan pendidikan
karakter, fungsi pendidikan karakter, nilai-nila karakter yang digunakan dalam
membentuk kepribadian anak didik, proses pendidikan karakter, pengembangan
kurikulum pendidikan karakter di MI/SD/MTs/SMP/MA/SMA dan pelaksanaan
pendidikan karakter di madrasah/sekolah.
16. Evaluasi Kurikulum
a.
Pengertian Evaluasi Kurikulum
b.
Objek Evaluasi Kurikulum
c.
Syarat Evaluasi Kurikulum
d.
Model-model Evaluasi Kurikulum
(Ralph W. Tyler, Basic Principles
of Curriculum and Instruction, 110-125; John P Miller & Wayne Seller, Curriculum
Perspective and Practice, 309-325, Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan
Kurikulum Teori dan Praktek, 172-190; A. Hamid Syarif, Pengembangan
Kurikulum, 119-130; Peter F. Olivia, Developing the Curriculum, 480-495)
Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang
pengertian evaluasi kurikulum, objek evaluasi kurikulum (tujuan, isi,
metode/strategi pengajaran, media dan proses, syarat evaluasi kurikulum
(tujuan, berkesinambungan, komprehensip, berfungsi ganda dan memiliki kriteria)
dan model-model evaluasi kurikulum.
G.
Sumber/Rujukan/Referensi
Ahid, Nur, Problematika Madrasah Aliyah di
Indonesia, Kediri: STAIN Press, 2009.
------------, Pengembangan Pendidikan Islam
menuju Pendidikan yang Bermutu di Era Globalisasi, Pidato Pengukuhan Guru
Besar, Kediri: 2011
Hasibuan,
Lias, Kurikulum dan Pemikiran
Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada, 2010
Idi,
Abdullah, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Jakarta: Gaya Media
Pratama, 1999.
Kemendiknas,
Pedoman Pendidikan Karakter, Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, 2011
------------,
Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Balitbang
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011
------------,
Pedoman Sertifikasi Guru dalam Jabatan, Jakarta: Ditektorat Jenderal
Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 2010.
Miler,
John P. & Wayne Seller, Curriculum Perspective and Practice, By Logman
USA, 1985
Muhaimin,
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan
Tinggi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005
Munir,
Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung:
Alfabeta, 2008
Mulyasa,
E, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Olivia,
Peter F., Developing the Curriculum, new York: Harper Collins
Publishers, 1992.
Ornstein,
Allan C. and friends, Contemporary Issues in Curriculum, Boston-New
York-London-Tokyo-Sydny: Printed in the United States ofAmerica, 2009.
Print,
Murray, Curriculum development and design, Sydney Australia, Docupro,
1993
Rusman,
Manajemen Kurikulum, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta:
Kencana Frenada Media Group, 2008
Shaleh,
Abdul Rahman, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, Jakarta: RajaGrafindo
Persada, 2004
Steenbrink,
Karel A., Pesantren, Madrasah dan Sekolah, Jakarta: LP3ES Dharma Aksara
Perkasa, 1986.
Sukmadinata,
Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bnadung: Remaja
Rosdakarya, 1997
Syarif,
A. Hamid, Pengembangan Kurikulum,
Surabaya: Bina Ilmu, 1996.
Taba,
Hilda, Curriculum Development, New York: Chicago, San Fransisco,
Atlant,: Harcourt, Brace World Inc.,
1962
Tiler,
Ralph W., Basic Principles of Curriculum and Instruction, Chicago and
London: The University of Chicago Press, 1949.
Wiles,
John and Joseph Bondi, Curriculum Development: A Guide to Practice,
Colombo Toronto London Melbourne, Merril Publishing Company, 1989.
PEMBAGIAN
TUGAS MAKALAH
PENGEMBANGAN
KURIKULUM PAI
PASCASARJANA
IAIN BENGKULU
Kuliah
ke
|
T e m a
|
Pemakalah
|
Pembahas Utama
|
1
|
Hakekat
Kurikulum dalam Pendidikan
|
||
2
|
Peran
Guru dalam Pengembangan Kurikulum PAI
|
||
3
|
Peran
Kepala Sekolah/Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum
|
||
4
|
Landasan
Kurikuum PAI
|
||
5
|
Perkembangan
Kurikulum Madrasah di Indonesia
|
||
6
|
Komponen-komponen
dan Model Pengembangan Kurikulum
|
||
7
|
Macam-macam
Konsep Kurikulum
|
||
8
|
Pengembangan
Kurikulum: Faktor-faktor yang Mempengaruhi dan Prinsip Dasar Pengembangannya
|
||
9
|
Desain
Kurikulum dalam Pendidikan
|
||
10
|
Pengembangan
Kurikulum Pendidikan Agama di Pesantren, Sekolah dan Madrasah
|
||
11
|
Praktek
Pengembangan Kurikulum di Indonesia
|
||
12
|
Sumberdaya
Pendukung Keberhasilan Implementasi Kurikulum
|
||
13
|
Pengembangan
KTSP Berbasis Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
|
||
14
|
Pengembangan
Tujuan dan Isi Kurikulum
|
||
15
|
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter
|
||
16
|
Evaluasi
Kurikulum
|
Komentar
Posting Komentar