SILABUS MATA KULIAH DASAR-DASAR PENDIDIKAN
SILABUS
MATA KULIAH SILABUS DASAR-DASAR PENDIDIKAN
Dosen: Dr. Hj.
Khairiah, M.Pd
Deskripsi
Mata kuliah Dasar-dasar Pendidikan
dirancang untuk memberikan pengetahuan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan
Agama Islam tentang dasar pendidikan melalui; (1) Memahami pengertian, teori, hakikat,
tujuan, fungsi, sasaran, komponen, landasan, azas, pilar-pilar, lingkungan dan
proses pendidikan; (2)
Melaksanakan proses pembelajaran yang benar sebagai
dasar efektivitas pembelajaran; dan (3) Menyediakan
sarana perasarana untuk memenuhi
kebutuhan dasar-dasar pendidikan; (4) Menanamkan
program pengembangan pendidikan yang memenuhi kebutuhan masyarakat, yang meliputi identifikasi
kebutuhan, pelaksanaan,
efektivitas,
dan hasil belajar siswa adalah bagian dari komponen pengembangan pendidikan. Penekanan
utama dasar-dasar pendidikan adalah pada
pertumbuhan profesional dan
pengembangan lembaga pendidikan.
Tujuan
mata kuliah Dasar-dasar Pendidikan:
Pada
akhir kuliah, mahasiswa dapat:
1. Meningkatkan pengetahuan tentang
pengertian
pendidikan menurut para ahli pendidikan;
2. Mengembangkan hakikat pendidikan;
3. Mengembangkan tujuan pendidikan;
4. Menerapkan fungsi-fungsi pendidikan;
5. Menentukan sasaran
pendidikan;
6. Melaksanakan dan mengembangkan
proses pendidikan;
7. Meninjau komponen-komponen pendidikan;
8. Memahami landasan pendidikan;
9. Mengkaji azas-azas pendidikan;
10. Mengembangkan aliran-aliran
pendidikan;
11. Mengembangkan teori pendidikan;
12. Mengembangkan pilar-pilar pendidikan;
13. Menguasai lingkungan pendidikan;
14. Menerapkan sistem pendidikan nasional;
Dasar-dasar pendidikan ditentukan
3 sks, dengan ketentuan menyelesaikan berbagai
tugas,
yang meliputi:
membaca berbagai refrensi, membuat laporan
dan refleksi bacaan, analisis konsep,
pengembangan rencana yang terkait dengan
implementasinya,
dan penyusunan
makalah diskusi dan interaksi
dalam kuliah. Untuk pengukuran hasil
perkuliahan dilakukan UTS dan UAS.
Pertemuan
Matakuliah dasar-dasar pendidikan
dirancang 14 minggu/ pertemuan, 1 kali pertemuan
untuk UTS dan 1 kali pertemuan untuk UAS.
Materi Kuliah
Pertemuan
1: Memahami pengertian dan dimensi pendidikan
1. Pengertian pendidikan;
2. Konsep pendidikan menurut para
ahli pendidikan;
3. Dimensi
pendidikan.
Pertemuan 2: Memahami dan menganalisis hakikat pendidikan
1.
Memahami hakikat pendidikan;
2. Menganalisis hakikat pendidikan;
3. Menjelaskan prinsip-prinsip hakikat pendidikan.
2. Menganalisis hakikat pendidikan;
3. Menjelaskan prinsip-prinsip hakikat pendidikan.
Pertemuan 3:
Memahami konsep tujuan pendidikan
1.
Menjelaskan
tujuan pendidikan;
2. Menjelaskan tujuan dan manfaat pendidikan;
3. Menguraikan prosedur pendidikan.
Pertemuan 4:
Memahami konsep fungsi
pendidikan
1.
Menjelaskan
konsep fungsi pendidikan;
2.
Merumuskan
perangkat fungsi pendidikan;
3. Menjelaskan peran fungsi pendidikan
Pertemuan 5:
Memahami sasaran pendidikan
1.
Menjelaskan sasaran pendidikan;
2. Menjelaskan strategi pencapaian sasaran pendidikan;
3. Mengembangkan metode pencapaian sasaran pendidikan.
2. Menjelaskan strategi pencapaian sasaran pendidikan;
3. Mengembangkan metode pencapaian sasaran pendidikan.
Pertemuan 6:
Melaksanakan proses pendidikan
1.
Memahami
proses pelaksanaan pendidikan;
2. Melaksanakan proses pelaksanaan pendidikan;
3. Menganalisis dan mengevaluasi proses pelaksanaan pendidikan
2. Melaksanakan proses pelaksanaan pendidikan;
3. Menganalisis dan mengevaluasi proses pelaksanaan pendidikan
Pertemuan 7:
Memahami komponen pendidikan
1.
Memahami pengertian komponen pendidikan;
2. Menjelaskan dan memenuhi komponen pendidikan;
3. Menyiapkan rencana pengembangan komponen pendidikan.
2. Menjelaskan dan memenuhi komponen pendidikan;
3. Menyiapkan rencana pengembangan komponen pendidikan.
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester
Materi ujian dari bahasan pada pertemuan
1-7
Pertemuan 9:
Memahami landasan pendidikan
1.
Memahami landasan pendidikan;
2. Mengembangkan landasan pendidikan;
3. Membandingkan landasan-landasan pendidikan
2. Mengembangkan landasan pendidikan;
3. Membandingkan landasan-landasan pendidikan
Pertemuan 10: Memahami azas-azas pendidikan
1.
Memahami azas-azas pendidikan;
2.
Mengembangkan azas-azas pendidikan;
3.
Membedakan azas-azas pendidikan.
Pertemuan 11:
Memahami aliran-aliran pendidikan
1. Memahami aliran-aliran
pendidikan;
2. Mengembangkan
aliran-aliran
pendidikan;
3. Menjelaskan pentingnya aliran pendidikan
Pertemuan 12: Memahami teori-teori pendidikan
1. Menjelaskan teori-teori pendidikan;
2. Menjelaskan pentingnya teori
pendidikan;
3.
Melaksanakan teori pendidikan.
Pertemuan 13: Memahami pilar-pilar pendidikan
1. Menjelaskan tentang pengertian pilar-pilar pendidikan;
2. Menjelaskan pentingnya pilar-pilar pendidikan;
3.
Merumuskan
pilar-pilar pendidikan.
Pertemuan 14: Memahami lingkungan pendidikan
1. Menjelaskan pengertian lingkungan pendidikan;
2. Menjelaskan pentingnya lingkungan pendidikan;
3. Mendiskusikan dan membedakan lingkungan pendidikan.
Pertemuan 15: Mampu menjelaskan sistem pendidikan nasional
1.
Memahami
tentang system pendidikan nasional;
2.
Memahami
kelembagaan dan pengelolaan pendidikan nasional;
3.
Mengidentifikasikan
masalahan pendidikan nasional;
4.
Mengevaluasi
system pendidikan nasional;
5.
Mengevaluasi
pengelolaan system pendidikan nasional.
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester
Persyaratan Perkuliahan:
1. Mahasiswa menyiapkan makalah yang membahas topik
diskusi dengan indikator yang ditentukan.
2. Mahasiswa diberi kebebasan untuk mengembangkan domain instruksional dalam kawasan pendidikan
3. Mahasiswa menyajikan makalah dengan MS PowerPoint, dan menjelaskan materi
secara lisan kepada
mahasiswa lainnya
4. Mahasiswa aktif mengikuti diskusi
5. Mahasiswa menyelesaikan semua tugas termasuk ujian.
Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Bandung:
Bailey, Becky. ( 2001). Conscious Discipline.
Oviedo, FL : Loving Guidance
Blandford, S. (2000). Managing Professional
Development in Schools. London: Routledge.
Cunningham, W.G. 1982. Systematic Planning for Educational Change.
Mountain View: USA Mayfield Publishing Company.
Diaz-Maggioli,
Gabriel. (2004). Teacher
Centered Professional Development. Alexandria, VA : Association for
Supervision and Curriculum Development.
Dunn, K. & Dunn, R. (Eds.). (1998). Practical Approaches to
Individualizing Staff Development for Adults. Westport, CT: Praeger
Publishers.
Garobo,
R. C., & Rothstein, S. W. (1998). Supportive
Supervision in Schools. Westport, CT: Greenwood Press.
Glickman,
Carl D. (2002). Leadership
for Learning: How to Help Teachers Succeed. Alexandria, VA:
Association for Supervision and Curriculum Development.
Goetsch, D.L & Davis,
S.B. 1997. Intruduction to Total Quality
(Quality Management for Production, Processing, and Service). Upper Saddle
River, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Guskey, T.A. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand
Oaks, CA: Corwin Press.
RPS Dasar-dasar Pendidikan
GARIS-GARIS
BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN
(GBPP)
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)
Judul Mata kuliah : Dasar-dasar Pendidikan
Semester/sks : 1 (satu) / 3 (tiga) sks
Program Studi
: S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Tahun Akademik :
2016/2017
Pengampu Matakuliah : Dr. Hj. Khairiah, M.Pd
I.
Kompetensi Inti (KI)
Pada akhir pembelajaran, mahasiswa diharapkan mengusai standar
kompetensi secara konseptual tentang dasar-dasar pendidikan yang
diimplementasikan dalam mengelola kelembagaan pendidikan Islam pada setiap
satuan dan jenjang pendidikan.
II.
Kompetensi Dasar (KD)
Setelah selesai mengikuti pembelajaran mata kuliah dasar-dasar
pendidikan, mahasiswa mampu memahami, menguasai, menganalisis, mengambangkan,
dan mengimplementasikan dalam mengelola pendidikan dan praktik pengelolaan pendidikan,
yang terkait dengan dasar-dasar pendidikan, dan penyelenggaraan administrasi
pendidikan persekolahan.
Deskripsi Proses Pembelajaran dapat diperoleh saat
perkuliahan.
A.
Strategi Perkuliahan
Perkuliahan mata kuliah dasar-dasar pendidikan, menggunakan
beberapa strategi pembelajaran diantaranya sebagai berikut:
1.
Penyampaian informasi tentang manfaat dan tujuan mempelajari
mata kuliah dasar-dasar pendidikan. Pada langkah ini mahasiswa diberikan
kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terhadap rencana perkuliahan yang akan
dilaksanakan dalam satu semester, baik mengenai sistem perkuliahan, sistem
evaluasi hasil belajar, penyelesaian tugas-tugas yang diberikan dosen pengampu
mata kuliah baik individu maupun kelompok.
2.
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan riset
dan mengemukakan berbagai pendapat dan pandangannya tentang isi yang ditempuh.
Mahasiswa dapat mengajukan usul, pendapat, dan saran terhadap topik-topik
bahasan yang akan didiskusikan sebagai tugas akhir kuliah.
3.
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan
beberapa contoh soal yang dibuat dosen baik dalam bentuk essay maupun pilihan
ganda untuk menggali kemampuan mahasiswa dalam penguasaan materi kuliah ini.
4.
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan
pengetahuan yang di dapat selama satu semester untuk menyusun program dasar=dasar
pendidikan pada setiap satuan pendidikan masing-masing.
B.
Evaluasi Proses dan Hasil Belajar,
serta Ketentuan Makalah
Setiap mahasiswa akan dinyatakan berhasil menyelesaikan mata
kuliah dasar-dasar pendidikan dengan syarat: (1) mengikuti perkuliahan
sekurang-kurangnya 80 % dari program perkuliahan yang dirancang dosen yang
telah dibahas bersama mahasiswa; (2) Aktif dalam partisipasi perkuliahan
(bertanya, memberi tanggapan, dan menjelaskan saat diskusi selama proses
pembelajaran); (3) Menyusun makalah kelompok yang dipresentasikan di depan
kelas; (4) mengikuti ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir smester (UAS)
tepat waktu, (5) Menyusun tugas mandiri; (6) menyelesaikan tugas mandiri
maupun kelompok tepat waktu yang diprogramkan bersama dosen pengampu
matakuliah.
C.
Petunjuk Tugas Kelompok dan Mandiri
1.
Buatlah makalah kelompok untuk disajikan di depan kelas,
dengan menentukan salah satu topik dalam materi pokok seperti terdapat pada
Program Perkuliahan di atas.
2.
Penyerahan makalah kelompok yang akan dipresentasikan di depan
kelas dalam bentuk print out disertai dengan softcopy dalam
CD-RW, dengan sistematika sebagai berikut:
BAB
I PENDAHULUAN (berisi: Latar Belakang; Tujuan Penulisan Makalah;
Sistematika makalah);
BAB II
PEMBAHASAN (berisi: sub-pokok bahasan seperti tertuang pada
kolom 4 di atas)
BAB
III TANGGAPAN (berisi: hasil tanggapan
kelompok tentang materi yang dibahas secara cermat);
BAB IV SIMPULAN
(beri simpulan
secara singkat dan cukup satu paragrap);
DAFTAR
RUJUKAN (Cantumkan
rujukan lebih dari dua sumber baik dalam bentuk buku teks, jurnal ilmiah,
makalah ilmiah, Artikel yang diakses dari Internet, dan sumber ilmiah lainnya).
3.
Tugas kelompok (I s.d. VII) dijilid Hard Cover warna
Abu-abu menjadi satu oleh ketua angkatan dan diserahkan kepada dosen pengampu
matakuliah paling lambat pada pertemuan ketiga.
4.
Tugas mandiri berupa penyusunan salah satu program evaluasi
kelembagaan pendidikan Islam yang berhubungan dengan lima bidang (Thema yang
termuat pada kontrak kuliah.
D.
Evaluasi Hasil Kuliah:
Kriteria:
1.
Kriteria evaluasi tugas individu dan kelompok dinilai dari
aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis, dan evaluasi serta presentasi
hasil kajian setiap tatap muka.
2.
Penelusuran sumber, kesimpulan, dan komentar tanggapan atas
sumber yang ditelusuri
3.
Presentasi kelompok ditinjau dari: power point, teknik
penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan, dan menyimpulkan.
Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupakan kumulatif dari jumlah nilai
kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan
Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 25 %,
Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 30 %.
Daftar Bacaan
Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Bandung:
Bailey, Becky. ( 2001). Conscious Discipline. Oviedo, FL : Loving Guidance
Blandford, S. (2000). Managing Professional Development in Schools. London: Routledge.
Cunningham, W.G. 1982. Systematic Planning for Educational Change. Mountain View: USA Mayfield Publishing Company.
Diaz-Maggioli, Gabriel. (2004). Teacher Centered Professional Development. Alexandria, VA : Association for Supervision and Curriculum Development.
Dunn, K. & Dunn, R. (Eds.). (1998). Practical Approaches to Individualizing Staff Development for Adults. Westport, CT: Praeger Publishers.
Garobo, R. C., & Rothstein, S. W. (1998). Supportive Supervision in Schools. Westport, CT: Greenwood Press.
Glickman, Carl D. (2002). Leadership for Learning: How to Help Teachers Succeed. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Goetsch, D.L & Davis, S.B. 1997. Intruduction to Total Quality (Quality Management for Production, Processing, and Service). Upper Saddle River, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Guskey, T.A. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Nama : Hozana Nurhotima
BalasHapusNIM : 1911240011
Kelas : 2A C.3.5
Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Mata Kuliah : Ilmu Pendidikan Islam
Dosen Pengampuh : Dr. Hj. Khairiah, M.Pd
1. Jelaskan tentang hakikat manusia dalam pendidikan, dan berikan 1 contoh .
Jawaban :
Hakikat manusia dalam pendidikan yaitu manusia di tuntut atau di wajibkan dalam menuntut ilmu, manusia harus berpendidikan yang tinggi supaya dapat mengetahui isi serta perkembangan dunia. Pendidikan sangat penting untuk diri sendiri dan orang lain guna untuk memajukan bangsa dan negara. Dengan adanya pendidikan kita tidak mudah di bodohi oleh orang lain oleh sebeb itu ilmu berperan penting dalam kehidupan. orang yang berpendidikan tau cara menghargai dan menghormati orang lain serta menjalin silahturahmi antar umat agama yang berbeda. Contohnya: seorang anak belajar.
2. Jelaskan tentang pengembangan kepribadian manusia dalam pendidikan, dan berikan 1 contoh
Jawaban :
Pengembangan kepribadian manusia dalam pendidikan yaitu pendidikan di sekolah merupakan tempat penyempurnaan, untuk membentuk kepribadia yang telah di tanamkan, metode yang di gunakan untk mendidik seseorang di sekolah yang berbeda dengan metode yang di gunakan di dalam keluarga. Salah satu contoh pendidikan yang di keluarkan di sekolah untuk semakin membentuk kepribadian manusian adalah pendidikan pancasila . nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila harus di setujui dan di tanamkan penuh unt8k subjek bina, sehingga mereka memiliki pegangan dan pedoman, juga dapat menjadi penuntut manusia dalam bergerak dan berprilaku baik dalam kehidupan sehari-hari.
3. Jelaskan tentang tujuan dan fungsi pendidikan bagi manusia ?
Jawabab :
a. Tujuan pendidikan bagi manusia
Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya,yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki keterampilan dan pengetahuan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadia yang mantap dn mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Dengan adanya pendidikan, maka akan timbul dalam diri seseorang untuk berlomba-lomba dan memotofasi diri kita untuk lebih baik dalam segala asfek kehidupan.
b. Fungsi pendidikan
Untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak, kepribadian, agar peserta didik menjadi pribadi yang bermartabat. Membangun mengembangkan minat dan bakat seseorang demi kepuasan pribadi dan kepentingan masyarakat umum.
4. Jelaskan tentang landasan pendidikan pada perguruan tinggi
Jawaban :yaitu kegiatan seseorang atau sekelompok orang dalam rangka memahami pendidikan, sehingga landasan pendidikan adalah asumsi-asumsi yang menjadi dasar pijakan atau titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.
5. Jelaskan tentang aliran – aliran pendidikan
Jawaban :
a) Aliran nativisme
Bersumber dari kemanpuan dalam diri seorang anak yang telah di bawa sejak lahir, sehingga faktor lingkungan termasuk faktor pendidikan kurang berpengaruh pada tahap perkembangan anak dalam proses pembeelajaran.
b) Aliran empirisme
Yaitu perkembangan anak tergantung kepada lingkunagan, sedangkan pembawaan tidak penting.
c) Aliran naturalisme
Yaitu mempunyai pandangan bahwa setiap anak yang lahir di dunia mempunyai pembawaan baik, namun pembawaan tersebut akan menjadi rusak karena pengaruh lingkungan, sehingga naturalisme sering di sebut negatifisme.