SILABUS MATA KULIAH DASAR-DASAR PENDIDIKAN


SILABUS
MATA KULIAH SILABUS DASAR-DASAR PENDIDIKAN

Dosen:  Dr. Hj. Khairiah, M.Pd

Deskripsi
Mata kuliah Dasar-dasar Pendidikan dirancang untuk memberikan pengetahuan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam tentang dasar pendidikan melalui; (1) Memahami pengertian, teori, hakikat, tujuan, fungsi, sasaran, komponen, landasan, azas, pilar-pilar, lingkungan dan proses pendidikan; (2) Melaksanakan proses pembelajaran yang benar sebagai dasar efektivitas pembelajaran; dan (3) Menyediakan sarana perasarana untuk memenuhi kebutuhan dasar-dasar pendidikan; (4) Menanamkan program pengembangan pendidikan yang memenuhi kebutuhan masyarakat, yang meliputi identifikasi kebutuhan, pelaksanaan, efektivitas, dan hasil belajar siswa adalah bagian dari komponen pengembangan pendidikan. Penekanan utama dasar-dasar pendidikan adalah pada pertumbuhan profesional dan pengembangan lembaga pendidikan.

Tujuan mata kuliah Dasar-dasar Pendidikan:

Pada akhir kuliah, mahasiswa dapat:
1.    Meningkatkan pengetahuan tentang pengertian pendidikan menurut para ahli pendidikan;
2.    Mengembangkan hakikat pendidikan;
3.    Mengembangkan tujuan pendidikan;
4.    Menerapkan fungsi-fungsi pendidikan;
5.    Menentukan sasaran pendidikan;
6.    Melaksanakan dan mengembangkan proses pendidikan;
7.    Meninjau komponen-komponen pendidikan;
8.    Memahami landasan pendidikan;
9.    Mengkaji azas-azas pendidikan;
10. Mengembangkan aliran-aliran pendidikan;
11. Mengembangkan teori pendidikan;
12. Mengembangkan pilar-pilar pendidikan;
13. Menguasai lingkungan pendidikan;
14. Menerapkan sistem pendidikan nasional;


 Desain Kurikulum

Dasar-dasar pendidikan ditentukan 3 sks, dengan ketentuan menyelesaikan berbagai tugas, yang meliputi: membaca berbagai refrensi, membuat laporan dan refleksi bacaan, analisis konsep, pengembangan rencana yang terkait dengan implementasinya, dan penyusunan makalah diskusi dan interaksi dalam kuliah. Untuk pengukuran hasil perkuliahan dilakukan UTS dan UAS.

Pertemuan

Matakuliah dasar-dasar pendidikan dirancang 14 minggu/ pertemuan, 1 kali pertemuan untuk UTS dan 1 kali pertemuan untuk UAS.

Materi Kuliah

Pertemuan 1: Memahami pengertian dan dimensi pendidikan
1.  Pengertian pendidikan;
2.  Konsep pendidikan menurut para ahli pendidikan;
3.  Dimensi pendidikan.

Pertemuan 2: Memahami dan menganalisis hakikat pendidikan
1.  Memahami hakikat pendidikan;
2.
 Menganalisis hakikat pendidikan;
3.
 Menjelaskan prinsip-prinsip hakikat pendidikan.

Pertemuan 3: Memahami konsep tujuan pendidikan
1.    Menjelaskan tujuan pendidikan;
2.    Menjelaskan tujuan dan manfaat pendidikan;
3.    Menguraikan prosedur pendidikan.

Pertemuan 4: Memahami konsep fungsi pendidikan
1.    Menjelaskan konsep fungsi pendidikan;
2.    Merumuskan perangkat fungsi pendidikan;
3.    Menjelaskan peran fungsi pendidikan

Pertemuan 5: Memahami sasaran pendidikan
1.  Menjelaskan sasaran pendidikan;
2.
 Menjelaskan strategi pencapaian sasaran pendidikan;
3.
 Mengembangkan metode pencapaian sasaran pendidikan.
Pertemuan 6: Melaksanakan proses pendidikan
1.  Memahami proses pelaksanaan pendidikan;
2.
 Melaksanakan proses pelaksanaan pendidikan;
3.
 Menganalisis dan mengevaluasi proses pelaksanaan pendidikan

Pertemuan 7: Memahami komponen pendidikan
1.  Memahami pengertian komponen pendidikan;
2.
 Menjelaskan dan memenuhi komponen pendidikan;
3.
 Menyiapkan rencana pengembangan komponen pendidikan.

Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester
      Materi ujian dari bahasan pada pertemuan 1-7
Pertemuan 9: Memahami landasan pendidikan
1.  Memahami landasan pendidikan;
2.
 Mengembangkan landasan pendidikan;
3.
 Membandingkan landasan-landasan pendidikan

Pertemuan 10: Memahami azas-azas pendidikan
1.      Memahami azas-azas pendidikan;
2.      Mengembangkan azas-azas pendidikan;
3.      Membedakan azas-azas pendidikan.

Pertemuan 11: Memahami aliran-aliran pendidikan
1.    Memahami aliran-aliran pendidikan;
2.    Mengembangkan aliran-aliran pendidikan;
3.    Menjelaskan pentingnya aliran pendidikan

Pertemuan 12: Memahami teori-teori pendidikan
1.    Menjelaskan teori-teori pendidikan;
2.    Menjelaskan pentingnya teori pendidikan;
3.    Melaksanakan teori pendidikan.

Pertemuan 13: Memahami pilar-pilar pendidikan
1.    Menjelaskan tentang pengertian pilar-pilar pendidikan;
2.    Menjelaskan pentingnya pilar-pilar pendidikan;
3.    Merumuskan pilar-pilar pendidikan.

Pertemuan 14: Memahami lingkungan pendidikan
1.    Menjelaskan pengertian lingkungan pendidikan;
2.    Menjelaskan pentingnya lingkungan pendidikan;
3.    Mendiskusikan dan membedakan lingkungan pendidikan.

Pertemuan 15: Mampu menjelaskan sistem pendidikan nasional
1.       Memahami tentang system pendidikan nasional;
2.       Memahami kelembagaan dan pengelolaan pendidikan nasional;
3.       Mengidentifikasikan masalahan pendidikan nasional;
4.       Mengevaluasi system pendidikan nasional;
5.       Mengevaluasi pengelolaan system pendidikan nasional.

Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester

Persyaratan Perkuliahan:
1.    Mahasiswa menyiapkan makalah yang membahas topik diskusi dengan indikator yang ditentukan.
2.    Mahasiswa diberi kebebasan untuk mengembangkan domain instruksional dalam kawasan pendidikan
3.    Mahasiswa menyajikan makalah dengan MS PowerPoint, dan menjelaskan materi secara lisan kepada mahasiswa lainnya
4.    Mahasiswa aktif mengikuti diskusi
5.    Mahasiswa menyelesaikan semua tugas termasuk ujian.

Daftar Bacaan

Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Bandung:
Bailey, Becky. ( 2001). Conscious Discipline. Oviedo, FL : Loving Guidance
Blandford, S. (2000). Managing Professional  Development  in Schools. London: Routledge.
Cunningham, W.G. 1982. Systematic Planning for Educational Change. Mountain View: USA Mayfield Publishing Company.
Diaz-Maggioli, Gabriel. (2004). Teacher Centered Professional Development. Alexandria, VA : Association for Supervision and Curriculum Development.
Dunn, K. & Dunn, R. (Eds.). (1998). Practical Approaches to Individualizing Staff Development for Adults. Westport, CT: Praeger Publishers.
Garobo, R. C., & Rothstein, S. W. (1998). Supportive Supervision in Schools. Westport, CT: Greenwood Press.
Glickman, Carl D. (2002). Leadership for Learning: How to Help Teachers Succeed. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Goetsch, D.L & Davis, S.B. 1997. Intruduction to Total Quality (Quality Management for Production, Processing, and Service). Upper Saddle River, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Guskey, T.A. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.






RPS Dasar-dasar Pendidikan
GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN
(GBPP) 
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)

Judul Mata kuliah          : Dasar-dasar Pendidikan
Semester/sks                : 1 (satu) / 3 (tiga) sks
Program Studi                : S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Tahun Akademik            : 2016/2017
Pengampu Matakuliah   : Dr. Hj. Khairiah, M.Pd

I.           Kompetensi Inti (KI)
Pada akhir pembelajaran, mahasiswa diharapkan mengusai standar kompetensi secara konseptual tentang dasar-dasar pendidikan yang diimplementasikan dalam mengelola kelembagaan pendidikan Islam pada setiap satuan dan jenjang pendidikan.
II.         Kompetensi Dasar (KD)
Setelah selesai mengikuti pembelajaran mata kuliah dasar-dasar pendidikan, mahasiswa mampu memahami, menguasai, menganalisis, mengambangkan, dan mengimplementasikan dalam mengelola pendidikan dan praktik pengelolaan pendidikan, yang terkait dengan dasar-dasar pendidikan, dan penyelenggaraan administrasi pendidikan persekolahan.
Deskripsi Proses Pembelajaran dapat diperoleh saat perkuliahan.
A.         Strategi Perkuliahan
Perkuliahan mata kuliah dasar-dasar pendidikan, menggunakan beberapa strategi pembelajaran diantaranya sebagai berikut:
1.    Penyampaian informasi tentang manfaat dan tujuan mempelajari mata kuliah dasar-dasar pendidikan. Pada langkah ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terhadap rencana perkuliahan yang akan dilaksanakan dalam satu semester, baik mengenai sistem perkuliahan, sistem evaluasi hasil belajar, penyelesaian tugas-tugas yang diberikan dosen pengampu mata kuliah baik individu maupun kelompok.
2.    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan riset dan mengemukakan berbagai pendapat dan pandangannya tentang isi yang ditempuh. Mahasiswa dapat mengajukan usul, pendapat, dan saran terhadap topik-topik bahasan yang akan didiskusikan sebagai tugas akhir kuliah.
3.    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan beberapa contoh soal yang dibuat dosen baik dalam bentuk essay maupun pilihan ganda untuk menggali kemampuan mahasiswa dalam penguasaan materi kuliah ini.
4.    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang di dapat selama satu semester untuk menyusun program dasar=dasar pendidikan pada setiap satuan pendidikan masing-masing.

B.         Evaluasi Proses dan Hasil Belajar, serta Ketentuan Makalah
Setiap mahasiswa akan dinyatakan berhasil menyelesaikan mata kuliah dasar-dasar pendidikan dengan syarat: (1) mengikuti perkuliahan sekurang-kurangnya 80 % dari program perkuliahan yang dirancang dosen yang telah dibahas bersama mahasiswa; (2) Aktif dalam partisipasi perkuliahan (bertanya, memberi tanggapan, dan menjelaskan saat diskusi selama proses pembelajaran); (3) Menyusun makalah kelompok yang dipresentasikan di depan kelas; (4) mengikuti ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir smester (UAS) tepat waktu, (5) Menyusun tugas mandiri; (6)  menyelesaikan tugas mandiri maupun kelompok tepat waktu yang diprogramkan bersama dosen pengampu matakuliah.
C.         Petunjuk Tugas Kelompok dan Mandiri
1.    Buatlah makalah kelompok untuk disajikan di depan kelas, dengan menentukan salah satu topik dalam materi pokok seperti terdapat pada Program Perkuliahan di atas.
2.    Penyerahan makalah kelompok yang akan dipresentasikan di depan kelas dalam bentuk print out disertai dengan softcopy dalam CD-RW, dengan sistematika sebagai berikut:

BAB   I PENDAHULUAN  (berisi: Latar Belakang; Tujuan Penulisan Makalah; Sistematika makalah);
BAB II  PEMBAHASAN    (berisi: sub-pokok bahasan seperti tertuang pada kolom 4 di atas)
BAB III TANGGAPAN        (berisi: hasil tanggapan kelompok tentang materi yang dibahas secara cermat);
BAB IV SIMPULAN            (beri simpulan secara singkat dan cukup satu paragrap);
DAFTAR RUJUKAN            (Cantumkan rujukan lebih dari dua sumber baik dalam bentuk buku teks, jurnal ilmiah, makalah ilmiah, Artikel yang diakses dari Internet, dan sumber ilmiah lainnya).
3.    Tugas kelompok (I s.d. VII) dijilid Hard Cover warna Abu-abu menjadi satu oleh ketua angkatan dan diserahkan kepada dosen pengampu matakuliah paling lambat pada pertemuan ketiga.
4.    Tugas mandiri berupa penyusunan salah satu program evaluasi kelembagaan pendidikan Islam yang berhubungan dengan lima bidang (Thema yang termuat pada kontrak kuliah.

D.         Evaluasi Hasil Kuliah:

Kriteria:
1.    Kriteria evaluasi tugas individu dan kelompok dinilai dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis, dan evaluasi serta presentasi hasil kajian setiap tatap muka.
2.    Penelusuran sumber, kesimpulan, dan komentar tanggapan atas sumber yang ditelusuri
3.    Presentasi kelompok ditinjau dari: power point, teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan, dan menyimpulkan.

Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupakan kumulatif dari jumlah nilai kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 25 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 30 %.

Daftar Bacaan

Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Bandung:
Bailey, Becky. ( 2001). Conscious Discipline. Oviedo, FL : Loving Guidance
Blandford, S. (2000). Managing Professional  Development  in Schools. London: Routledge.
Cunningham, W.G. 1982. Systematic Planning for Educational Change. Mountain View: USA Mayfield Publishing Company.
Diaz-Maggioli, Gabriel. (2004). Teacher Centered Professional Development. Alexandria, VA : Association for Supervision and Curriculum Development.
Dunn, K. & Dunn, R. (Eds.). (1998). Practical Approaches to Individualizing Staff Development for Adults. Westport, CT: Praeger Publishers.
Garobo, R. C., & Rothstein, S. W. (1998). Supportive Supervision in Schools. Westport, CT: Greenwood Press.
Glickman, Carl D. (2002). Leadership for Learning: How to Help Teachers Succeed. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Goetsch, D.L & Davis, S.B. 1997. Intruduction to Total Quality (Quality Management for Production, Processing, and Service). Upper Saddle River, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Guskey, T.A. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

  




Komentar

  1. Nama : Hozana Nurhotima
    NIM : 1911240011
    Kelas : 2A C.3.5
    Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
    Mata Kuliah : Ilmu Pendidikan Islam
    Dosen Pengampuh : Dr. Hj. Khairiah, M.Pd

    1. Jelaskan tentang hakikat manusia dalam pendidikan, dan berikan 1 contoh .
    Jawaban :
    Hakikat manusia dalam pendidikan yaitu manusia di tuntut atau di wajibkan dalam menuntut ilmu, manusia harus berpendidikan yang tinggi supaya dapat mengetahui isi serta perkembangan dunia. Pendidikan sangat penting untuk diri sendiri dan orang lain guna untuk memajukan bangsa dan negara. Dengan adanya pendidikan kita tidak mudah di bodohi oleh orang lain oleh sebeb itu ilmu berperan penting dalam kehidupan. orang yang berpendidikan tau cara menghargai dan menghormati orang lain serta menjalin silahturahmi antar umat agama yang berbeda. Contohnya: seorang anak belajar.
    2. Jelaskan tentang pengembangan kepribadian manusia dalam pendidikan, dan berikan 1 contoh
    Jawaban :
    Pengembangan kepribadian manusia dalam pendidikan yaitu pendidikan di sekolah merupakan tempat penyempurnaan, untuk membentuk kepribadia yang telah di tanamkan, metode yang di gunakan untk mendidik seseorang di sekolah yang berbeda dengan metode yang di gunakan di dalam keluarga. Salah satu contoh pendidikan yang di keluarkan di sekolah untuk semakin membentuk kepribadian manusian adalah pendidikan pancasila . nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila harus di setujui dan di tanamkan penuh unt8k subjek bina, sehingga mereka memiliki pegangan dan pedoman, juga dapat menjadi penuntut manusia dalam bergerak dan berprilaku baik dalam kehidupan sehari-hari.
    3. Jelaskan tentang tujuan dan fungsi pendidikan bagi manusia ?
    Jawabab :
    a. Tujuan pendidikan bagi manusia
    Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya,yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki keterampilan dan pengetahuan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadia yang mantap dn mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Dengan adanya pendidikan, maka akan timbul dalam diri seseorang untuk berlomba-lomba dan memotofasi diri kita untuk lebih baik dalam segala asfek kehidupan.
    b. Fungsi pendidikan
    Untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak, kepribadian, agar peserta didik menjadi pribadi yang bermartabat. Membangun mengembangkan minat dan bakat seseorang demi kepuasan pribadi dan kepentingan masyarakat umum.
    4. Jelaskan tentang landasan pendidikan pada perguruan tinggi
    Jawaban :yaitu kegiatan seseorang atau sekelompok orang dalam rangka memahami pendidikan, sehingga landasan pendidikan adalah asumsi-asumsi yang menjadi dasar pijakan atau titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.
    5. Jelaskan tentang aliran – aliran pendidikan
    Jawaban :
    a) Aliran nativisme
    Bersumber dari kemanpuan dalam diri seorang anak yang telah di bawa sejak lahir, sehingga faktor lingkungan termasuk faktor pendidikan kurang berpengaruh pada tahap perkembangan anak dalam proses pembeelajaran.
    b) Aliran empirisme
    Yaitu perkembangan anak tergantung kepada lingkunagan, sedangkan pembawaan tidak penting.
    c) Aliran naturalisme
    Yaitu mempunyai pandangan bahwa setiap anak yang lahir di dunia mempunyai pembawaan baik, namun pembawaan tersebut akan menjadi rusak karena pengaruh lingkungan, sehingga naturalisme sering di sebut negatifisme.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAHAN AJAR MATA KULIAH DASAR-DASAR PENDIDIKAN

Contoh Pembelajaran Berbasis Riset Mata Kuliah Evaluasi Kelembagaan An. Ahmad Isna Muhdi

BAHAN AJAR MATA KULIAH: ILMU PENDIDIKAN ISLAM